RPP Tematik Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://semuamaterisekolah.blogspot.com/
RPP Tematik Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Tematik K13 Revisi 2017 - RPP Tematik Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SDN....................
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 1 : Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari



A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Merinci ungkapan, ajakan,perintah, penolakan yangterdapat dalam teks cerita ataulagu yang menggambarkansikap hidup rukun
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan,perintah, penolakan dalamcerita atau lagu anak-anakdengan bahasa yang santun

Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangancacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta caramembacanya
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret

SBDP
3.2 Mengenal pola irama sederhanamelalui lagu anak-anak
4.2 Menampilkan pola iramasederhana melalui lagu anakanak

C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
• Menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
• Mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat

Matematika
• Menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
• Membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat..

SBdP
Membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
Menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat..

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
• Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
• Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
• Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.
• Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
• Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
 
Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas

E. MATERI PEMBELAJARAN
• Menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan dalam teks cerita tentang hidup rukun.
• Menirukan ungkapan pada teks percakapan.
• Menyatakan lambang bilangan tiga angka dengan menggunakan gambar.
• Membaca bilangan tiga angka sampai 999
• Membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak.
• Menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak..

F. PENDEKATAN& METODE PEMBELAJARAN
• Pendekatan : Saintifik
• Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
• Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
• Gambar kerukunan keluarga di rumah
• Teks lagu “Peramah dan Sopan”.

H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
• Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan doa bersama. (Religius)
• Siswa mengamati gambar yang terdapat pada Buku Siswa. Guru memancing motivasi siswa dengan bertanya jawab dengan siswa.
Pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di bawah gambar utama dapatdigunakan sebagai bahan untuk bertanya jawab dengan siswa.
• Pertanyaan besarnya adalah, “Bagaimana agar kerukunan dapat terjaga di rumah, tempat bermain, sekolah, dan masyarakat?
• Guru merespons setiap jawaban siswa sehingga terjadi suasana diskusiyang hidup.
• Pertanyaaan besar tersebut akan dijawab dengan kegiatan pembelajaranmenggunakan Tema Hidup Rukun. (Nasionalis)
• Guru menyampaikan subtema yang akan digunakan untuk pembelajaran, yaitu Hidup Rukun di Rumah. Yang perlu diketahui bahwa kegiatan pembelajaran bertujuan untuk mencapai kompetensi dasar yang sudah dipetakan dalam subtema.

Kegiatan Inti
• Siswa mengamati gambar yang ada pada Buku Siswa. Kemudian, guru bertanya jawab dengan siswa mengenai kerukunan di rumah. ( Communication )
• Siswa menuliskan jawaban pertanyaan yang ada di Buku Siswa pada selembar kertas. Hal itu untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami arti pentingnya hidup rukun di rumah dan membuat siswa terbiasa dan berani mengemukakan pendapatnya. (Mandiri)
• Kertas jawaban itu dikumpulkan, kemudian secara bergantian, siswa membaca jawaban temannya. Siswa dan guru menanggapi jawaban tersebut. ( Collaboration )
• Setelah selesai menjawab pertanyaan yang ada di Buku Siswa, gurumengajak siswa untuk memulai langkah-langkah Pembelajaran 1.
• Siswa menyimak teks cerita pada Buku Siswa yang dibacakan guru. ( Literasi )
• Siswa memperhatikan ungkapan yang ada pada teks bacaan. Ketika gurumembaca teks, hendaknya guru memberi penekanan pada kalimat yangmenggunakan ungkapan. Contoh ungkapan pada teks tersebut adalahbuah tangan dan buah hati.
• Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)
• Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai arti ungkapan yangterdapat pada teks. ( Communication )
• Siswa menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan yang terdapat padateks cerita. (Mandiri)
• Siswa membaca kalimat yang terdapat pada teks percakapan.
• Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada kalimat tersebut.
• Siswa bersama dengan teman di sebelahnya melanjutkan percakapanyang terdapat pada buku. Siswa diberi keleluasaan untuk menyusunkalimat berdasarkan teks cerita yang sudah dibacanya. ( Collaboration )
• Siswa memperagakan percakapan yang sudah dibuatnya, bergantiandengan teman sebangkunya. Guru dapat mengamati kemampuan siswadalam menyebutkan ungkapan. (Rubrik Penilaian 1 untuk KD BahasaIndonesia 3.1 dan 4.1). Selain pemahaman mengenai ungkapan, guru jugadapat mengamati sikap percaya diri siswa dalam melakukan percakapandengan temannya. ( Critical Thinking and Problem Solving )
• Kemudian siswa mengamati gambar kelompok 10 kubus dan kelompok100 kubus. Siswa mengamati kelompok 1 ratusan kubus, tiga puluhankubus, 8 delapan kubus. (Mandiri)
• Siswa mendengarkan penjelasan guru cara membaca banyak kubussesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa. ( Communication )
• Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alatperaga kubus. Alat peraga yang lain, misalnya kancing baju atau stikes krim dapat digunakan untuk lebih memahamkan siswa mengenaibilangan tiga angka. ( Creativity and Innovation )
• Siswa membaca bilangan cacah sampai 999. Guru mengamatikemampuan siswa dalam membaca bilangan cacah sampai 999 (RubrikPenilaian 2). Sikap yang diamati adalah teliti.
• Siswa menyimak guru menyanyikan lagu Peramah dan Sopan. Siswadiminta ikut merasakan kapan nada lagu dinyanyikan panjang dan kapandinyanyikan pendek. (Integritas)
• Siswa bersama-sama menyanyikan lagu Peramah dan Sopan bersamasamadengan guru. Siswa merasakan panjang dan pendeknya nada.
• Siswa berlatih menandai bagian-bagian lagu yang dinyanyikanpanjang dan yang dinyanyikan pendek. Siswa dibimbing guru untukmemahami panjang pendek bunyi. Notasi lagu Peramah dan Sopanuntuk menjelaskan panjang pendek bunyi. Siswa mengamati guru ketikamemberikan contoh menyanyikan bagian panjang pendek lagu yangdisesuaikan dengan notasinya. (Mandiri)
• Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyuarakan panjang pendekbunyi (Rubrik Penilaian 3, SBdP KD 3.2 dan KD 4.2). Sikap yang diamatiadalah percaya diri.

Kegiatan Penutup
• Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari(Integritas)
• Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
• Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
• Melakukan penilaian hasil belajar
• Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)

I. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
• Teknik Penilaian
• Penilaian Sikap
Observasi
• Penilaian Kompetensi Pengetahuan
o Tes Tertulis
- Pilihan ganda
- Uraian/esai
o Tes Lisan
• Penilaian Kompetensi Keterampilan
o Proyek, pengamatan, wawancara’
o Portofolio / unjuk kerja
o Produk,

• Instrumen Penilaian
Terlampir
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

• Remedial
Terlampir

• Pengayaan
Terlampir

LAMPIRAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b. Penilaian Pengetahuan: Tes
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja

2. Bentuk Instrumen Penilaian
Terlampir

Untuk mendapatkan RPP Tematik Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Download RPP Tematik Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Belum ada Komentar untuk "RPP Tematik Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel