RPP Tematik Kelas IV SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://semuamaterisekolah.blogspot.com
RPP Tematik Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP SD Kurikulum 2013 - RPP Tematik Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SDN .............
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman
di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia
4.2.1 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis,
dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa
Indonesia.

IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifatsifat bunyi.
Indikator:
3.6.1 Menjelaskan cara menghasilkan bunyi.
4.6.1 Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
2. Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3. Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.
4. Setelah diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.
5. Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.
6. Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.

Karakter siswa yang diharapkan :
Bahasa Indonesia dan IPA
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

IPS
Religius
Toleransi
Rasa Ingin Tahu
Semangat Kebangsaan
Cinta Tanah Air
Bersahabat/Komunikatif
Cinta Dam

D. MATERI PEMBELAJARAN
• Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis
• Mengidentifikasi keberagaman yang ada di sekitar
• Melakukan percobaan cara menghasilkan bunyi

IPS
Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keragaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya.

BAHASA INDONESIA
Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki gagasan pokok yang diperkuat oleh gagasan pendukung.
Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, bisa berupa kalimat inti atau pokok paragraf.
Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk
gagasan pokok.
Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menentukan
gagasan pokok setiap paragraf.
1. Bacalah paragraf dengan cermat!
2. Cermati kalimat pertama hingga terakhir!
- Apakah kalimat pertama merupakan gagasan pokok atau gagasan penjelas? Apakah kalimat kedua yang merupakan gagasan pokok? Teruslah membaca kalimat demi kalimat hingga gagasan pokok paragraf ditemukan.
- Ingat, gagasan pokok sebagai isi atau inti paragraf dapat terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf.

IPA
Segala macam bentuk bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.
Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas. Akan tetapi, bunyi tidak dapat merambat pada ruang hampa.

E. METODE PEMBELAJARAN
  • Pendekatan : Saintifik
  • Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
  • Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2018, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2018).
  • Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2018, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2018).
  • Teman-teman di sekolah sebagainarasumber kegiatan wawancara.
  • Alat musik tradisional daerah masingmasing.
  • Beragam benda di kelas dan sekitarnya.

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
  • Gurumemberikan salam dan mengajak semua siswaberdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.Religius
  • Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
  • Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”.Nasionalis
  • Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
Kegiatan Inti
  • Sebelum memulai pembelajaran, gurumenempelkan gambar seorang anak Baliyang memakai baju tradisional. Di belakanganak ada rumah tradisional Bali. (Mengamati)
  • Siswa diajak berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesia. Gurumengajukan pertanyaan pembuka,Communication
  • - siapa di antara kalian yang berasal darisuku Sunda, Suku Jawa, Suku Minang,dan seterusnya.(Menanya)
  • Siswa secara berpasangan diminta untuksaling menginformasikan tentang asal suku mereka kepada teman di sebelahnya.(Mengkomunikasikan)
  • Siswa kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari3-4 siswa dalam setiap kelompok. Siswa bisa diminta untuk menghitung1 sampai 4 secara berurutan. Setiap siswa kemudian diminta untukmembentuk kelompok berdasarkan nomor urut yang sama.(Mengekplorasi)
  • Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan mendapatkanberagam informasi tentang keragaman budaya Indonesia dari teks bacaanyang akan dipelajari. Siswa kemudian diajak untuk mengamati gambar keragaman budaya yang ada di buku dan membaca teksnya dalam hati.(Mengamati)
  • Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaantentang isi dari paragraf satu.(Menanya)
  • Setelah semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil diskusi, gurumemberikan penguatan tentang strategi dalam menemukan isi cerita yangbiasa dinamakan gagasan pokok/gagasan utama/ide utama/ide pokok/pokok pikiran, dari suatu paragraf.
  • Siswa diminta untuk menemukan gagasan utama dan gagasan pendukungdari paragraf ketiga, keempat, dan kelima dari teks yang ada di buku danmenuliskannya pada diagram yang tersedia.
  • Siswa mendapatkan penjelasan bagaimana mengisi diagram dari guru.
  • Mengisi Diagram
  • 1. Pastikan siswa memiliki diagram.
  • 2. Minta siswa menuliskan ‘Gagasan Pokok’ di tengah diagram.
  • 3. Siswa diminta menemukan paling sedikut 5 gagasan pendukunguntuk setiap satu gagasan pokok.
  • 4. Siswa menuliskan setiap satu gagasan
  • di satu kolom di sekitar gagasan utama.
  • 5. Isi sisi bintang searah jarum jam.
  • Guru memberikan penguatan tentang pentingnya sikap saling menghargai dalam keragaman budaya, suku,dan agama, serta menjadikan keragamantersebut sebagai identitas bangsa Indonesia.Nasionalis
  • Siswa menjawab pertanyaan dan mengisi tabel tentang sikap salingmenghargai yang terdapat di buku secara mandiri.Mandiri
  • Siswa akan saling berbagi jawaban tentang pengalaman melaksanakan sikap saling menghargai dan contoh sikap tidak menghargai secaraberpasangan bersama teman di sebelahnya.Gotong Royong
  • Siswa dapat mendiskusikan pengalaman yang menurut mereka menarik.Collaboration
  • Guru menampilkan satu alat musik tradisional dari daerah asal sekolah.
  • Guru mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka:
  • - Bagaimana cara memainkan alat musik ini sehingga dapatmenghasilkan bunyi?
  • Beberapa siswadiminta membunyikan alat musik tersebut di depan kelas.Minta satu/beberapa siswa untuk menjelaskan tentang cara alat musik tersebut dibunyikan. (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb.)Mandiri
  • Siswa kemudian akan melakukan kegiatan eksplorasi menggunakanbenda-benda yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas dansekitarnya.
  • Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkanhasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enakdidengar.
Kegiatan Penutup
  • Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehariIntegritas
  • Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
  • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
  • Melakukan penilaian hasil belajar
  • Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)Religius
H. Penilaian
Terlampir

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai RPP Tematik Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan unduh filenya pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini.
 

Belum ada Komentar untuk "RPP Tematik Kelas IV SD Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel