RPP Sosiologi Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://semuamaterisekolah.blogspot.com/
RPP Sosiologi Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 - RPP Sosiologi Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMA . . . .
Mata pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : X / Ganjil
Materi Pokok : Realitas Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial
Alokasi Waktu : 3 × 45 menit (3 JP)

A. Kompetensi Inti
KI-3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara: efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif, dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
3.2 Mengenali dan mengidentifikasi realitas individu, kelompok, dan hubungan sosial di masyarakat.
4.2 Mengolah realitas individu, kelompok, dan hubungan sosial sehingga mandiri dalam memposisikan diri dalam pergaulan sosial di masyarakat.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.2.1 Menjelaskan realitas individu dan kelompok dari sudut pandang sosiologi
3.2.2 Menjelaskan hubungan antara realitas individu, kelompok, dan hubungan sosial
3.2.3 Menjelaskan proses terjadinya hubungan sosial dalam masyarakat
3.2.4 Menjelaskan dasar-dasar hubungan sosial
3.2.5 Membedakan antara hubungan sosial asosiatif dengan hubungan sosial disosiatif
3.2.6 Menjelaskan nilai nilai dan norma sosial serta perannya dalam upaya menciptakan keteraturan sosial dalam masyarakat
3.2.7 Menjelaskan peran lembaga sosial dalam menciptakan keteraturan sosial
3.2.8 Merancang bagan atau pola terbentuknya keteraturan sosial
4.2.1 Mengamati bentuk hubungan sosial yang terjadi dalam masyarakat
4.2.2 Membuat dekripsi tentang hubungan sosial berdasarkan hasil pengamatan di masyarakat
4.2.3 Menggolongkan peristiwa hubungan sosial yang diamati ke dalam bentuk hubungan sosial asosiatif dan disosiatif
4.2.4 Memberikan alternatif tindakan agar terbentuk hubungan sosial asosiatif untuk melatih kepedulian sosial dan membangun jiwa kegotongroyongan

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui metode diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi kelompok, peserta didik dapat mengenali dan mengidentifikasi realitas individu, kelompok, dan hubungan sosial di masyarakat, terampil mengolah realitas individu, kelompok, dan hubungan sosial sehingga mandiri dalam memposisikan diri dalam pergaulan sosial di masyarakat, serta mampu menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab, peduli sosial, dan gotong royong.

D. Materi Pembelajaran
1. Realitas individu dan kelompok dalam sudut pandang Sosiologi
2. Hubungan antara realitas individu, kelompok, dan hubungan sosial
3. Proses berlangsunya hubungan sosial
4. Faktor-faktor yang menjadi dasar hubungan sosial
5. Bentuk-bentuk hubungan sosial
6. Peran nilai dan norma sosial dalam pembentukan keteraturan sosial
7. Peran lembaga sosial dalam pembentukan keterauran sosial

E. Metode dan Model Pembelajaran
Metode : Dikusi kelompok, Penugasan, Presentasi
Model : Discovery Learning

F. Media Pembelajaran
• Media dan alat : video/gambar/foto dan LCD proyektor, Laptop

G. Sumber Belajar
a. Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X, Purwanti Hadi Pratiwi dkk, Cempaka Putih, 2014, Surakarta.
b. Sosiologi Peminatan Ilmu-ilmu Sosial untuk SMA/MA Kelas X, Lia Candra Rufikasari dan Slamet Subiyantoro, Mediatama, 2014, Surakarta.
c. Internet
d. Lingkungan sosial
e. Buku/bahan sumber lain yang relevan.

H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian Hasil Pembelajaran
a. Teknik Penilaian:
1. Penilaian Sikap : Observasi
2. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
3. Penilaian Keterampilan : Penugasan

b. Bentuk Penilaian:
1. Observasi : lembar pengamatan
2. Tes tertulis : soal uraian
3. Unjuk kerja : lembar penilaian presentasi
4. Penugasan : lembar kerja

c. Instrumen Penilaian (terlampir)

Untuk mendapatkan RPP Sosiologi Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silakan unduh filenya di bawah ini atau bisa juga dengan mengklik halaman Disini.

Belum ada Komentar untuk "RPP Sosiologi Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel