RPP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://semuamaterisekolah.blogspot.com/
RPP PPKN Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 - RPP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SMA Negeri ……………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X / Genap
Materi Pokok : Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional
Alokasi Waktu : 4 Minggu x 2 Jam pelajaran @ 45 Menit

A. Komptensi Inti

KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
KI-3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi Dasar

1.5. Mensyukuri nilai-nilai yang membentuk komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang Maha Esa.
2.5 Menunjukkan sikap kerjasama dalam rangka mewujudkan komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.5 Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.5 Mendemontrasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Indikator
1.5.1 Menerima nilai -nilai pembentuk integrasi nasional dengan baik sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang Maha Esa.
1.5.2 Menyakini nilai-nilai toleransi yang membentuk komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
1.5.3 Mengamalkan nilai nilai toleransi yang membentuk komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang Maha Esa.
2.5.3. Menghargai nilai -nilai kerja sama pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.5.2 Menghayati nilai -nilai kerja sama pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.5.3 Mengamalkan nilai -nilai sikap kerja sama pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.5.1. Menyebutkan kebhinnekaan bangsa Indonesia.
3.5.2. Menjelaskan Konsep Bhinneka Tunggal Ika
3.5.3. Menjelaskan Konsep integrasi nasional.
3.5.4. Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional.
3.5.5. Mengidentifikasi faktor-faktor penghambat integrasi nasional
3.5.6. Menganalisis implementasi nilai-nilai kesatuan dalam kehidupan berbagsa dan bernegara.
3.5.7 Menganalisis peran yang dilakukan warga Negara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
4.5.1. Mengamati hasil analisis pengamalan fakator-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.5.2. Merancang penyajian implementasi nilai –nilai kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
4.5.3. Menyusun laporan hasil penalaran implementasi nilai -nilai pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.5.4. Menyaji pengamalan nilai -nilai pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan cara “Role Playing”

C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran model Penyingkapan(Discovery Learning), dan pembelajaran berbasis permasalahan(Problem Based Learning)peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi dan mendemontrasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika serta memiliki sikap bersyukur, patriotisme dan kerjasama yang tinggi.

D. Materi pembelajaran
1. Pengetahuan Faktual
a. Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional
b. Alat pemersatu bangsa Indonesia
2. Pengetahuan Konseptual
a. Konsep integrasi nasional
b. Konsep Bhinneka Tunggal Ika
c. Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional
d. Faktor faktor penghambat integrasi nasional
3. Pengetahuan Metakognitif
a. Implementasi nilai-nilai kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
b. Tantangan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
c. Peran serta warga negara dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran: Pembelajaran dengan Penyingkapan (Discovery learning ) dan Pembelajaran berbasis permasalahan ( Problem base Learning)
3. Metode: Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran (Role playing)

F. Media Pembelajaran
Media :
1. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
2. lembar penilaian
3. Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
4. Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.

Alat/Bahan :
1. Penggaris, spidol, papan tulis
2. Laptop & infocus
3. Audio: kaset dan CD.
4. Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
5. Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
6. Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
3. Internet
4. Sumber lain yang relevan

H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir


3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

• Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
• Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
• Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas

Untuk Mendapatkan RPP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini atau bisa juga dengan berkunjung kehalaman disini.

Belum ada Komentar untuk "RPP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel