RPP Tematik Kelas III SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap

https://semuamaterisekolah.blogspot.com/
RPP Tematik Kelas III SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap


RPP Tematik K13 Revisi 2017 - RPP Tematik Kelas III SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SDN ...
Kelas / Semester : III (Tiga) / 2
Tema 1 : Cuaca
Sub Tema 1 : Keadaan Cuaca
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan : ..................... / ........................


A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.3 Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan;
4.3 Menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam bentuk tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif;

INDIKATOR
3.3.1 Mengidentifikasi informasi mengenai keadaan cuaca dengan benar
4.3.1 Menuliskan pokok-pokok informasi dasri teks
4.3.2 Menggunakan kosakata baku mengenai keadaan cuaca dalam kalimat yang efektif

Matematika
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.4 Menggeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret;
4.4 Menyajikan pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret;

INDIKATOR
3.4.1 Mengidentifikasi pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh dari benda konkret dengan tepat
4.4.1 Menyajikan pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh menggunakan benda konkret.

SBDP

KOMPETENSI DASAR (KD)
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu;

INDIKATOR
4.4.1 Menentukan tinggi rendahnya bunyi dalam lagu.
4.2.1 Menyanyikan lagu sesuai dengan variasi irama

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi informasi mengenai keadaan cuaca dengan benar.
  2. Dengan menuliskan pokok-pokok informasi dari teks, siswa dapat menggunakan kosakata baku mengenai keadaan cuaca dalam kalimat yang efektif.
  3. Dengan kegiatan mengeksplorasi lingkungan, siswa dapat mengidentifikasi pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh dari benda konkret dengan tepat.
  4. Dengan kegiatan mengamati benda, siswa dapat menyajikan pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh menggunakan benda konkret.
  5. Dengan menyanyikan sebuah lagu, siswa dapat menentukan tinggi rendahnya bunyi dalam lagu.

Karakter siswa yang diharapkan :
  • Religius
  • Nasionalis
  • Mandiri
  • Gotong Royong
  • Integritas

D. MATERI PEMBELAJARAN
  • Membaca cerita tentang keadaan cuaca dan menuliskna pokok-pokok informasi terkait cerita menggunakan kosakata baku
  • Melakukan aktivitas, mengidentifikasi, serta menyajikan pecahan sebagai bagian dari benda-benda konkret
  • Bernyanyi sambil menunjukan pola irama yang sama pada lagu

E. METODE PEMBELAJARAN
  • Pendekatan : Saintifik
  • Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F. SUMBER, MEDIA, DAN ALAT PEMBELAJARAN
  • Buku Pedoman Guru Tema 5: Cuaca Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
  • Buku Siswa Tema : Cuaca Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
  • Gambar keadaan cuaca (hujan, berawan, cerah, mendung).
  • Kue atau buah utuh, atau benda konkret lainnya untuk contoh pecahan.
  • Teks dan tangga nada lagu "Ambilkan Bulan Bu” ciptaan A.T. Mahmud.

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Kegiatan pendahuluan
  • Kegiatan inti
  • Kegiatan Penutup

G. PENILAIAN PEMBELAJARAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Tematik terpadu Kelas III SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan klik disini.

Belum ada Komentar untuk "RPP Tematik Kelas III SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel