RPP Tematik Kelas VI SD/MI Semester Genap Kurikulum 2013 Revisi 2018

https://semuamaterisekolah.blogspot.com/
RPP Tematik Terpadu Kelas VI SD/MI Semester Genap Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP SD Revisi 2018 - RPP Tematik Terpadu Kelas VI SD/MI Semester Genap Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SDN ...
Kelas / Semester : VI (ENAM) / 2
Tema 5 : Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 1 : Masyarakat peduli lingkungan
Pembelajaran : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn, IPS
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan : ..................... / ........................

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga, dan negara.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.7 Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan membaca judulnya saja)
4.7 Menyampaikan kemungkinan informasi yang diperoleh berdasarkan membaca judul teks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual

INDIKATOR
3.7.1 Mengidentifikasi perkiraan informasi dari teks non fiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul secara lisan
3.7.2 Menyebutkan perkiraan informasi dari teks non fiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul secara lisan
4.7.1 Menyampaikan informasi berdasarkan membaca judul teks nonfiksi secara lisan
4.7.2 Menyampaikan informasi berdasarkan membaca judul teks nonfiksi secara tulis
4.7.3 Menyampaikan informasi berdasarkan membaca judul teks nonfiksi secara visual

PPKn
KOMPETENSI DASAR (KD)
1.2 Menghargai makna kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam menjalankan agama
2.2 Melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air.
3.2. Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
4.2. Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari

INDIKATOR
1.2.1 Menghayati makna ewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam menjalankan agama
2.2.1. Terbiasa bersikap melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air.
3.2.1 Mengetahui kewajiban warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat
4.2.1. Menceritakan pengalaman melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat

IPS
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera
4.2 Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera;

INDIKATOR
3.4.1. Mengidentifikasi contoh perilaku positif di masyarakat yang merupakan wujud makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.
3.4.2. Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera dengan tepat
4.2.1 Menyampaikan makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera secara lisan dengan tepat

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan kegiatan mengamati gambar kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai”, siswa dapat menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
2. Dengan kegiatan berdiskusi tentang kewajiban sebagai warga negara, siswa dapat menceritakan pengalaman melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
3. Dengan kegiatan membaca bacaan berjudul “Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia”, siswa dapat menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera dengan tepat.
4. Dengan kegiatan berlatih menjawab pertanyaan, siswa dapat menyampa kan perkiraan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat.

Karakter siswa yang diharapkan : Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, Integritas

D. MATERI PEMBELAJARAN
• Pelaksanaan kewajiban
• Makna proklamasi
• Perkiraan informasi bacaan yang sesuai dengan kata kunci pada judul

E. METODE PEMBELAJARAN
• Pendekatan : Saintifik
• Metode : Ceramah, praktik, penugasan

F. SUMBER, MEDIA, DAN ALAT PEMBELAJARAN
• Buku Pedoman Guru Tema 6: Menuju Masyarakat Sejahtera Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
• Buku Siswa Tema : Menuju Masyarakat Sejahtera Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
• Gambar kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai”.

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

H. PENILAIAN PEMBELAJARAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

Download RPP Tematik Terpadu Kelas VI SD/MI Semester Genap Kurikulum 2013 Revisi 2018

Belum ada Komentar untuk "RPP Tematik Kelas VI SD/MI Semester Genap Kurikulum 2013 Revisi 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel