RPP Produksi Pengolahan Hasil Hewani Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://semuamaterisekolah.blogspot.com/
RPP Produksi Pengolahan Hasil Hewani Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP SMK Revisi 2017 - RPP Produksi Pengolahan Hasil Hewani Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (C3) Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Produksi Pengolahan Hasil Hewani
Bidang Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Kelas/Semester : XI /Ganjil
Materi Pokok : Pengendalian Mutu Bahan Baku Pengolahan Hewani
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 30 JP ( 6 Pertemuan )


A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalamranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1 Menerapkan pengendalian mutu bahan baku pengolahan hewani
4.1 Mengendalikan mutu bahan baku pengolahan hewani

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1. Menjelaskan Menyusun langkah-langkah penanganan bahan baku olahan hewani sesuai klasifikasi mutu
3.1.2. Mengidentifikasi jenis, jumlah dan spesifikasi/mutu bahan hewani sesuai dengan persyaratan terkait
4.1.1 Menguji mutu bahan baku hewani untuk satuan produksi
4.1.2 Menguji kandungan bahan baku hewani yang berkaitan dengan satuan produksi
4.1.3 Menyusun langkah-langkah penanganan bahan baku olahan hewani sesuai klasifikasi mutu

C. Tujuan Pembelajaran
Setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik mampu Menyusun langkah-langkah penanganan bahan baku olahan hewani sesuai klasifikasi mutu, Mengidentifikasi jenis, jumlah dan spesifikasi/mutu bahan hewani sesuai dengan persyaratan terkait serta mampu Menguji mutu bahan baku hewani untuk satuan produksi,Menguji kandungan bahan baku hewani yang berkaitan dengan satuan produksi dan Menyusun langkah-langkah penanganan bahan baku olahan hewani sesuai klasifikasi mutu dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, sertaresponsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D. Materi Pembelajaran.
• Pengertian bahan baku olahan hewani
Bahan makanan hewani adalah bahan makanan yang berupa atau berasal dari hewan atau produk-produk yang diolah dengan menggunakan bahan dasar asal hewan.
Adapun yang termasuk dalam jenis-jenis pangan hewani adalah:
- Susu, yaitu produk berupa cairan putih yang dihasilkan oleh hewan ternak mamalia dan diperoleh dengan cara pemerahan.
- Ikan, dalam arti sempit adalah semua jenis ikan sungai, ikan danau, ikan rawa-rawa, ikan yang dipelihara di empang-empang, dilaut dan sebagainya. Termasuk dalam kategori ini adalah hasil-hasil perikanan lainnya yaitu: kerang, teripang, telur ikan dan lain-lain.
- Daging, yaitu produk yang diperoleh dengan cara pemotongan ternak (mamalia dan unggas)
- Telur, yaitu produk utama dari pemeliharaan ayam petelur, atau produk sampingan pemeliharaan unggas pedaging.
Produk-produk olahan dari bahan pangan tersebut diatas, misalnya produk olahan susu adalah krim, keju, susu bubuk dan sebagainya.
Produk olahan daging adalah cured meat, sosis, dendeng, dan sebagainya.
Produk olahan ikan adalah ikan beku, ikan pindang, bandeng asap, dan sebagainya.
Produk olahan telur adalah telur pindang, telur asin, bubuk telur dan sebagainya.
• Langkah-langkah penanganan bahan baku olahan hewani
• Identifikasi jenis, jumlah dan spesifikasi mutu bahan baku hasil hewani

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Produksi Pengolahan Hasil Hewani Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah PembelajaranKegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas

Belum ada Komentar untuk "RPP Produksi Pengolahan Hasil Hewani Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel