RPP Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kelas X SMA/MA Revisi 2017

https://semuamaterisekolah.blogspot.com/
RPP Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kelas X SMA/MA Revisi 2017
RPP SMA K13 Revisi 2017 - RPP Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMAN …………………………………………………..
Matapelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : X/ Genap
Materi Pokok : Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24: 2, serta hadis tentang
larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
Alokasi Waktu : 4 x 3 Jam Pelajaran (JP)


A. Kompetensi Inti (KI)
KI1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yangspesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar

1.2. Meyakini bahwa pergaulan bebas dan zina adalah dilarang agama.
2.2 Menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai pengamalan Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24: 2, serta hadis terkait.
3.2 Menganalisis Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24: 2, serta hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
4.2.1. Membaca Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24: 2sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.
4.2.2. Mendemonstrasikan hafalanQ.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24: 2dengan fasih dan lancar.
4.2.3. Menyajikan keterkaitan antara larangan berzina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya dan perangai yang buruk (saa-a sabila) sesuai pesan Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24: 2.

Indikator
1.2.1 Menerima bahwa pergaulan bebas dan zina dilarang agama
1.2.2 Meyakini bahwa pergaulan bebas dan zina dilarang agama
1.2.3 Mempertahankan keyakinan bahwa pergaulan bebas dan zina dilarang agama
2.2.1 Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-Isra’ (17): 32 dan QS. An-Nur (24): 2
2.2.2 Membiasakan menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-Isra’ (17): 32 dan QS. An-Nur (24): 2
2.2.3 Menjaga kebiasaan menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-Isra’ (17): 32 dan QS. An-Nur (24): 2
3.2.1 Mengidentifikasi hukum bacaan Q.S. al-Isra’/17: 32 tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.2.2 Menyebutkan arti perkata Q.S. al-Isra’/17: 32, tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.)
3.2.3 Menterjemahkan Q.S. al-Isra’/17: 32 tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.2.4 Menguraikan kandungan Q.S. al-Isra’/17: 32, tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina berdasarkan tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
3.2.5 Menemukan pesan moral yang terdapat dalam Q.S. an-Nur/24: 2 tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina berdasarkan tafsir Ibnu Katsir dan Al-Maraghi
4.2.1.1 Membaca Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24: 2 , sesuai dengan kaidah tajwid
4.2.1.2 Membaca Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24: 2 , sesuai makharijul huruf
4.2.2.1 Mendemonstrasikan hafalanQ.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24: 2 dengan fasih
4.2.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24: 2 dengan lancar
4.2.3.1 Mempresentasikan keterkaitan antara larangan berzina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya dan perangai yang buruk (saa-a sabila) sesuai pesan Q.S. al-Isra’/17: 32
4.2.3.2 Mempresentasikan keterkaitan antara larangan berzina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya dan perangai yang buruk (saa-a sabila) sesuai pesan Q.S. an-Nur/24: 2

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran mengunakan metode Kepala bernomor, drill, gallery walk, dan Performance siswa dapat menganalisis Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24: 2, serta hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina; membaca Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24: 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf; mendemonstrasikan hafalanQ.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24: 2dengan fasih dan lancar.; menyajikan keterkaitan antara larangan berzina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya dan perangai yang buruk (saa-a sabila) sesuai pesan Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24: 2 sehingga siswa meyakini bahwa pergaulan bebas dan zinaadalah dilarang agama; dan menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai pengamalan Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24: 2, serta hadis terkait.

D. Materi Pembelajaran
1. Pergaulan bebas dan zina dilarang agama
2. Perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-Isra’/17: 32, dan QS. An-Nur/24: 2, serta hadis yang terkait
3. Hukum Bacaan QS. Al-Isra’/17: 32, dan QS. An-Nur/24: 2 serta hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
4. Arti Bacaan Q QS. Al-Isra’/17: 32, dan QS. An-Nur/24: 2 serta hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
5. Terjemah QS. Al-Isra’/17: 32, dan QS. An-Nur/24: 2 serta hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
6. Kandungan QS. Al-Isra’/17: 32, dan QS. An-Nur/24: 2serta hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
7. Bacaan Q.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24:2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.
8. Hafalan Q.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24:2 dengan fasih dan lancar.
9. Keterkaitan antara larangan berzina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya dan perangai yang buruk (saa-a sabila) sesuai pesanQ.S. Al-Isra’/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24:2

E. Metode Pembelajaran :
1. Kepala Bernomor
2. Drill
3. Gallery Walk
4. Performance

F. Media Pembelajaran :
• Laptop dan LCD Projector
• Power point dan media audio visual lainnya sesuai materi pembelajaran

G. Sumber Belajar :
• Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag RI
• Buku tajwid
Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas X
• Kitab Tafsir (Ibnu Katsir, al-Maraghi, Jalalain, dll).
• Buku lain yang relevan.
• Lingkungan
• Perpustakaan
• Tokoh Agama

H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran
a. TeknikPenilaian:
1. Sikap : Observasi dan jurnal
2. Pengetahuan : Tes Tertulis dan lisan
3. Keterampilan : Proyek

b. Bentuk Penilaian:
1. Sikap : lembar observasi sikap (Lampiran1)
2. Pengetahuan : soal esai (Lampiran 2)
3. Keterampilan : rubrik presentasi (Lampiran 3)

c. Remedial
1. Pembelajaranremedial dilakukan bagisiswa yangcapaianKD nya belumtuntas
2. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

d. Pengayaan
Bagisiswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
1. Siswa yang mencapai nilai n (ketuntasan) <n<n (maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
2. Siswa yang mencapai nilai n>n (maksimum)diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

Untuk mendapatkan file RPP Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini. atau bisa juga dengan mengunjungi halam disini. 

Belum ada Komentar untuk "RPP Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kelas X SMA/MA Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel