RPP Alat Mesin Pertanian Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Alat Mesin Pertanian Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP SMK Revisi 2017 - RPP Alat Mesin Pertanian Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Tanaman Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Alat Mesin Pertanian
Bidang Keahlian : Agribisnis dan Argoteknologi
Kompetensi Keahlian : Agribisnis Tanaman Pangan Holikultura
Kelas / Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 8 JP ( 2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Agribisnis tanaman Pangan dan Holikultur pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Agribisnis Tanaman Pangan dan Holikultura
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
4.1 Menerapkan K3 dalam Penggunaan alat dan Mesin Produksi
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Mnejelaskan Pengertian dan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
3.1.2 Menjelaskan Dasar Hukum
3.1.3 Mengidentifikasi Ruang Lingkup Keselamatan dan Kesehatan Kerja
3.1.4 Menyebutkan Tujuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
4.1.1 Melaksanakan K3 dalam Penggunaan alat dan Mesin Produksi
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan Pengertian dan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Menjelaskan Dasar Hukum, Mengidentifikasi Ruang Lingkup Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Menyebutkan Tujuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Serta Mampu Melaksanakan K3 dalam Penggunaan alat dan Mesin Produksi dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
• Keselamatan danKesehatan Kerja
- Pengertian dan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
- Dasar Hukum
- Ruang Lingkup Keselamatan dan Kesehatan Kerja
- Tujuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan ajar Alat Mesin Pertanian Kurikulum 2013
2. Lembar kerja
3. Bahan Ajar yang relevan
4. Internet
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Alat Mesin Pertanian
Bidang Keahlian : Agribisnis dan Argoteknologi
Kompetensi Keahlian : Agribisnis Tanaman Pangan Holikultura
Kelas / Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 8 JP ( 2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Agribisnis tanaman Pangan dan Holikultur pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Agribisnis Tanaman Pangan dan Holikultura
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
4.1 Menerapkan K3 dalam Penggunaan alat dan Mesin Produksi
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Mnejelaskan Pengertian dan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
3.1.2 Menjelaskan Dasar Hukum
3.1.3 Mengidentifikasi Ruang Lingkup Keselamatan dan Kesehatan Kerja
3.1.4 Menyebutkan Tujuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
4.1.1 Melaksanakan K3 dalam Penggunaan alat dan Mesin Produksi
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan Pengertian dan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Menjelaskan Dasar Hukum, Mengidentifikasi Ruang Lingkup Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Menyebutkan Tujuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Serta Mampu Melaksanakan K3 dalam Penggunaan alat dan Mesin Produksi dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
• Keselamatan danKesehatan Kerja
- Pengertian dan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
- Dasar Hukum
- Ruang Lingkup Keselamatan dan Kesehatan Kerja
- Tujuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan ajar Alat Mesin Pertanian Kurikulum 2013
2. Lembar kerja
3. Bahan Ajar yang relevan
4. Internet
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Untuk mendapatkan RPP Alat Mesin Pertanian Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Tanaman Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini.
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Untuk mendapatkan RPP Alat Mesin Pertanian Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Tanaman Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini.
Belum ada Komentar untuk "RPP Alat Mesin Pertanian Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar