RPP Matematika Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP SD Revisi 2017 - RPP Matematika Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)
Satuan Pendidikan : SDN ..................
Mata Pelajaran : Matematika
Bab 1 : Pecahanan Senilai
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Alokasi Waktu : 6 x 3 Jam (1 Pertemuan 3 JP)
Tahun Pelajaran : 2018/2019
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
4.1 Mengindetifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
PERTEMUAN 1 dan 2
C. Indikator:
3.1.1 Menyebutkan unsur-unsur pecahan.
4.1.1 Menunjukkan bentuk pecahan dari suatu gambar atau model konkret.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur pecahan
2. Siswa dapat menunjukkan bentuk pecahan dari suatu gambar atau model konkret
Karakter siswa yang diharapkan :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. MATERI PEMBELAJARAN
Mengenal Pecahan
F. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
Kamus Matematika yang relevan
Ensiklopedia Matematika yang relevan
Benda-benda yang ada di sekitar sekolah seperti benda yang dapat dibagi menjadi beberapa bagian sama besar seperti kertas, buah-buahan, pita, tali, dan lain sebagainnya.
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Mengamati
Untuk Mendapatkan RPP Matematika Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) download filenya di bawah ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN ..................
Mata Pelajaran : Matematika
Bab 1 : Pecahanan Senilai
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Alokasi Waktu : 6 x 3 Jam (1 Pertemuan 3 JP)
Tahun Pelajaran : 2018/2019
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
4.1 Mengindetifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
PERTEMUAN 1 dan 2
C. Indikator:
3.1.1 Menyebutkan unsur-unsur pecahan.
4.1.1 Menunjukkan bentuk pecahan dari suatu gambar atau model konkret.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur pecahan
2. Siswa dapat menunjukkan bentuk pecahan dari suatu gambar atau model konkret
Karakter siswa yang diharapkan :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
E. MATERI PEMBELAJARAN
Mengenal Pecahan
F. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas IV tahun 2016
Kamus Matematika yang relevan
Ensiklopedia Matematika yang relevan
Benda-benda yang ada di sekitar sekolah seperti benda yang dapat dibagi menjadi beberapa bagian sama besar seperti kertas, buah-buahan, pita, tali, dan lain sebagainnya.
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum dan setelah pelajaran. Religius
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik tentang Mengenal Pecahan.
- Guru memberi peserta didik contoh dalam kehidupan yang berkaitan dengan pecahan. Gotong Royong
- Guru membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Mengenal Pecahan. Communication
Kegiatan Inti
Mengamati
- Guru membimbing peserta didik untuk membuat kelompok dengan 3 atau 4 teman kelasnya. Collaboration
- Guru mengarahkan peserta didik untuk mencari atau mengambil satu lembar kertas.
- Guru mengarahkan peserta didik untuk memikirkan cara memotong kertas tersebut menjadi 8 bagian yang sama besar.
- Guru menfasilitasi peserta didik untuk membuat pertanyaan berkaitan dengan cara memotong kertas menjadi 8 bagian yang sama besar. Kemudian guru membimbing peserta didik dalam memotong kertas agar menjadi 8 bagian sama besar. Critical Thinking and Problem Solving
- Guru mendampingi peserta didik dalam membagikan potongan kertas tersebut untuk setiap anggota kelompok. Gotong Royong
- Guru menegasakan bahwa kertas yang diperoleh masing-masing anggota kelompok mungkin tidak sama karena berhubungan dengan jumlah potongan kertas dan jumlah anggota masing-masing kelompok.
- Guru membimbing peserta didik dalam mengisi Tabel 1.1 yang ada pada buku siswa. Communication
- Guru menalarkan peserta didik untuk menyebutkan unsur-unsur pecahan berdasarkan Tabel 1.1 pada buku siswa. Mandiri
- Guru mendampingi peserta didik dalam menentukan bentuk pecahan yang diarsir pada gambar di Kegiatan 1.1
- Guru mengarahkan peserta didik untuk menyampaikan hasil kegiatannya di depan kelas
- Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Mengenal Pecahan Integritas
- Guru melakukan evaluasi tentang Mengenal Pecahan, serta menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi selanjuutnya. Mandiri
- Guru menginformasikan materi selanjutnya, yaitu Menentukan Letak Pecahan pada Garis Bilangan. Communication
Untuk Mendapatkan RPP Matematika Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) download filenya di bawah ini.
Belum ada Komentar untuk " RPP Matematika Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar