RPP Matematika Kelas V SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas V SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 - RPP Matematika Kelas V SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN ........
Mata Pelajaran : Matematika
Bab 2 : Operasi Bilangan Pecahan
Kelas / Semester : V (Lima) / 1
Alokasi Waktu : 4 x 3 Jam (1 Pertemuan 3 JP)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.
PERTEMUAN 1 dan 2
D. INDIKATOR:
3.2.1 Menjelaskan penjumlahan dua pecahan dengan penyebut berbeda.
4.2.1 Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dua pecahan dengan penyebut berbeda.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menjelaskan penjumlahan dua pecahan dengan penyebut berbeda.
2. Siswa dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dua pecahan dengan penyebut berbeda.
G. MATERI PEMBELAJARAN
Penjumlahan dua bilangan pecahan dengan penyebut berbeda.
D. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Penjumlahan dua bilangan pecahan dengan penyebut berbeda.
D. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Karakter siswa yang diharapkan :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong RoyongIntegritas
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong RoyongIntegritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum dan setelah pelajaran. Religius
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik tentang Operasi bilangan pecahan. Communication
- Guru memberi peserta didik contoh dalam kehidupan yang berkaitan dengan pecahan yang penyebutnya berbeda.
- Guru membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan kegiatan pembelajaran tentang Operasi bilangan pecahan.
- Guru membimbing peserta didik untuk mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan Kegiatan 2.1
Kegiatan Inti
Mengamati
- Guru membimbing peserta didik untuk membentuk kelompok yang terdiri atas 4 orang. Collaboration
- Guru mengarahkan peserta didik agar mengingat kembali pembelajaran KPK. Bersama kelompoknya siswa belajar menyamakan penyebut dari dua bilangan pecahan dengan penyebut berbeda. Critical Thinking and Problem Solving
- Guru mengarahkan peserta didik untuk menjawab soal-soal penjumlahan bilangan pecahan dengan penyebut berbeda.
- Guru menfasilitasi peserta didik untuk mengajukkan pertanyaan berkaitan dengan cara penjumlahan dan pengurangan dengan bilangan pecahan dengan penyebut berbeda. Mandiri
- Guru mengarahkan peserta didik dalam mencermati cara menghitung pengurangan bilangan pecahan dengan penyebut berbeda.
- Guru mendampingi peserta didik menyelesaikan soal-soal latihan Creativity and Innovation
- Guru mendampingi peserta didik dalam menarik kesimpulan tentang cara menetukan penyebut yang sama dari dua bilangan pecahan yang berbeda penyebutnya. Critical Thinking and Problem Solving
- Guru mengarahkan peserta didik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada langkah 6 Kegiatan 2.1 Mandiri
- Guru mengarahkan peserta didik untuk menyampaikan hasil kerjanya di hadapan guru dan teman-teman. Collaboration
Kegiatan Penutup
- Guru merefleksikan hasil pembelajaran tentang Operasi bilangan pecahan. Integritas
- Guru melakukan evaluasi tentang Penjumlahan pecahan bilangan pecahan dengan penyebut berbeda, serta menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya. Mandiri
- Guru menginformasikan materi selanjutnya, yaitu Pengurangan dua bilangan dengan penyebut berbeda. Communication
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
- Buku teks pelajaran Matematika SD/MI Kelas V tahun 2017
- Kamus Matematika yang relevan
- Ensiklopedia Matematika dan Peradaban Manusia yang relevan
- Kamus Besar Bahasa Indonesia yang relevan.
- Benda-benda di lingkungan sekitar sekolah yang dapat dibagi menjadi beberapa bagian sama besar seperti kertas, buah apel, semangka, kue, permen, dan sebagainya.
Belum ada Komentar untuk "RPP Matematika Kelas V SD Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar