RPP Bahasa Sunda Kelas III SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Bahasa Sunda Kelas III SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP SD Kurikulum 2013 Revisi - RPP Bahasa Sunda Kelas III SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
Satuan Pendidikan : SD Negeri
Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas /Semester : III / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Tema : Alam Sabudeureun Urang
Alokasi Waktu : 8 JP ( 4 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI - 3 PENGETAHUAN
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan bendabenda yang dijumpai di rumah, sekolah.
KI - 4 KETERAMPILAN
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami isi teks Pupuh tentang menyayangi hewan dan tumbuhan.
4.1 Melantunkan pupuh tentang menyayangi hewan dan tumbuhan.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1. Menjelaskan isi teks Pupuh tentang menyayangi hewan dan tumbuhan
3.1.2. Mengidentifikasi kecap asal yang memiliki dua, tiga, dan empat suku kata
4.1.1 Melantunkan pupuh tentang menyayangi hewan dan tumbuhan
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan mampu Menjelaskan isi teks Pupuh tentang menyayangi hewan dan tumbuhan, Mengidentifikasi kecap asal yang memiliki dua, tiga, dan empat suku kata serta mampu Melantunkan pupuh tentang menyayangi hewan dan tumbuhan dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
Alam Sabudeureun Urang
• Maca Bedas
• Ngalisankeun Jawaban
• Ngunikeun Kecap dina Kalimah
• Nyalin Kecap
• Maca dina Jero Haté
• Nganggeuskeun Kalimah
• Ngahartikeun Kecap
• Ngeusian Kalimah
• Ngagalantangkeun Kalimah
• Ngarang Carita
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Slide presentasi (ppt)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah
G. SumberBelajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru dan buku siswa Mata Pelajaran Bahasa Sunda kelas III SD Kurikulum 2013.
2. Lingkungan sekitar
3. Internet
4. Buku teks pelajaran yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
Satuan Pendidikan : SD Negeri
Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas /Semester : III / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Tema : Alam Sabudeureun Urang
Alokasi Waktu : 8 JP ( 4 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI - 3 PENGETAHUAN
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan bendabenda yang dijumpai di rumah, sekolah.
KI - 4 KETERAMPILAN
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
RPP Tematik Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami isi teks Pupuh tentang menyayangi hewan dan tumbuhan.
4.1 Melantunkan pupuh tentang menyayangi hewan dan tumbuhan.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1. Menjelaskan isi teks Pupuh tentang menyayangi hewan dan tumbuhan
3.1.2. Mengidentifikasi kecap asal yang memiliki dua, tiga, dan empat suku kata
4.1.1 Melantunkan pupuh tentang menyayangi hewan dan tumbuhan
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan mampu Menjelaskan isi teks Pupuh tentang menyayangi hewan dan tumbuhan, Mengidentifikasi kecap asal yang memiliki dua, tiga, dan empat suku kata serta mampu Melantunkan pupuh tentang menyayangi hewan dan tumbuhan dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
RPP Matematika Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017D. Materi Pembelajaran
Alam Sabudeureun Urang
• Maca Bedas
• Ngalisankeun Jawaban
• Ngunikeun Kecap dina Kalimah
• Nyalin Kecap
• Maca dina Jero Haté
• Nganggeuskeun Kalimah
• Ngahartikeun Kecap
• Ngeusian Kalimah
• Ngagalantangkeun Kalimah
• Ngarang Carita
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Slide presentasi (ppt)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah
G. SumberBelajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru dan buku siswa Mata Pelajaran Bahasa Sunda kelas III SD Kurikulum 2013.
2. Lingkungan sekitar
3. Internet
4. Buku teks pelajaran yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
RPP Tematik Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
Untuk Mendapatkan RPP Bahasa Sunda Kelas III SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini,
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
Untuk Mendapatkan RPP Bahasa Sunda Kelas III SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini,
Belum ada Komentar untuk "RPP Bahasa Sunda Kelas III SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar