RPP Produk Cake dan Kue Indonesia Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

https://semuamaterisekolah.blogspot.com/
RPP Produk Cake dan Kue Indonesia Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

RPP Kurikulum 2013 - RPP Produk Cake dan Kue Indonesia Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Kuliner Kompetensi Keahlian Tata Boga (C3) Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)


Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Produk Cake dan Kue Indonesia
Bidang Keahlian : Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Tata Boga
Kelas / Semester : XII/Genap
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Alokasi Waktu : 24 JP ( 3 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,konseptual, operasional dasar,dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.14 Menganalisis gateaux, torten
4.14 Membuat gateaux, torten

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.14.1 Menjelaskan gateaux, torten
3.14.2 Menentukan alat yang digunakan pembuatan gateaux, torten
3.14.3 Menghitung bahan yang digunakan untuk pembuatan gateaux, torten
3.14.4 Menentukan prosedur pembuatan gateaux, torten
3.14.5 Menentukan kriteria hasil gateaux, torten
3.14.6 Menganalisis masalah pada pembuatan gateaux, torten
4.14.1 Menyiapkan alat yang dibutuhkan untuk pembuatan gateaux, torten
4.14.2 Menyiapkan bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan gateaux, torten
4.14.3 Membuat gateaux, torten sesuai dengan prosedur, kriteria hasil, keselamatan kerja, hygiene makanan
4.14.4 Menyajikan gateaux, torten sesuai teknik penyajian, standar porsi, dan higiene makanan
Download juga Silabus Produk Cake dan Kue Indonesia Kelas XII SMK Kurikulum 2013
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan pengertian gateaux, torten, Menentukan alat yang digunakan pembuatan gateaux, torten, Menghitung bahan yang digunakan untuk pembuatan gateaux, torten, Menentukan prosedur pembuatan gateaux, torten, Menentukan kriteria hasil gateaux, torten, Menganalisis masalah pada pembuatan gateaux, torten serta mampu Menyiapkan alat yang dibutuhkan untuk pembuatan gateaux, torten, Menyiapkan bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan gateaux, torten, Membuat dan Menyajikan gateaux, torten sesuai dengan prosedur, kriteria hasil, keselamatan kerja, hygiene makanan dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, sertaresponsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
Gatoex Dan Torte
• Pengertian gateaux dan torte
• Klasifikasi adonan gatoex dan torte
• Bahan dan alat pembuatan gatoex dan torte
• Metode dan teknik pembuatan gatoex dan torte
• Faktor kegagalan pembuatan gatoex dan torte

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Produk Cake dan Kue Indonesia Kurikulum 20132. Internet
3. Lingkungan sekitar
4. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
Download juga Silabus Administrasi Pajak Kelas XII SMK Kurikulum 2013 revisi 2017
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas

Sebagai referensi dari kami tentang RPP Produk Cake dan Kue Indonesia Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Kuliner Kompetensi Keahlian Tata Boga Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini.

Untuk mendapatkan lengkap perangkat pembelajaran RPP KProduk Cake dan Kue Indonesia Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Kuliner Kompetensi Keahlian Tata Boga silahkan klik DISINI.

Belum ada Komentar untuk "RPP Produk Cake dan Kue Indonesia Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel