Silabus Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

https://semuamaterisekolah.blogspot.com/
Silabus Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Silabus Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Kompetensi Keahlian Multimedia

Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Kompetensi Keahlian Multimedia

Silabus Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 merupakan acuan dalam penyusunan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian hasil pembelajaran. Silabus Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini berisikan komponen dasar yang meliputi materi pembelajaran, contoh kegiatan pembelajaran dan kompetensi dasar yang perlu dicapai siswa.
Download juga RPP Komunikasi Bisnis Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Penyusunan silabus Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini diperuntukkan bagi para pelaksana pendidikan atau pihak-pihak terkait yang memiliki kepentingan tertentu terhadap kemajuan hasil belajar siswa. Pengembangan silabus Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok, atau dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan setempat.

Silabus mata pelajaran Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Silabus Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran dengan mengakomodasi kearifan lokal.

Komponen silabus Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 mencakup Kompetensi Dasar, Indikator pencapaian kompetensi, Materi pembelajaran dan Contoh Kegiatan pembelajaran, Alokasi waktu, Penilaian dan sumber belajar. Penyusunannya dilakukan dengan prinsip- prinsip sebagai berikut:
a. Keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum
b. Mudah diajarkan/dikelola oleh guru
c. Mudah dipelajari oleh siswa
d. Terukur pencapaiannya
e. Bermakna untuk dipelajari sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.
Download juga RPP Pengelolaan Bisnis Konstruksi Dan Properti Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Atas dasar prinsip tersebut, Guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran dengan menyesuaikan:
a. Karakteristik masing-masing mata pelajaran
b. Situasi dan kondisi masyarakat
c. Tingkat perkembangan kemampuan siswa

Berikut ini adalah kompetensi Inti dan kompetensi Dasar mata pelajaran Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Kompetensi Keahlian Multimedia 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Multimedia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Multimedia.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Download juga RPP Matematika Teknologi Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revsi 2017
KOMPETENSI DASAR
3.1. Memahami prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)
4.1 Menyampaikan prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)
3.2. Menerapkan teknik pembuatan gambar obyek sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D
4.2 Membuat gambar obyek sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D
3.3. Menerapkan teknik animasi tweening 2D
4.3 Menerapkan teknik animasi tweening 2D
3.4. Menerapkan teknik pembuatan karakter sederhana penggunakan aplikasi animasi 2D
4.4 Membuat karakter sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D
3.5. Menganalisis elemen gambar digital puppeter dalam animasi 2D
4.5 Membuat elemen gambar digital puppeter dalam animasi 2D
3.6. Menerapkan gerak digital pupetter pada animasi 2D
4.6 Membuat gerak digital puppeter pada animasi 2D
3.7 Memahami prinsip dasar menggambar latar
4.7 Membuat gambar latar
3.8 Memahami prinsip - prinsip dasar animasi.
4.8 Mengaplikasikan prinsip-prinsip animasi dalam produksi animasi
3.9 Menerapkan teknik produksi animasi 2D
4.9 Membuat produk animasi 2D
3.10 Melakukan evaluasi terhadap produk animasi 2D
4.10 Membuat review terhadap produk animasi 2D
3.11 Mengambarkan konsep dasar obyek 3D dalam sketsa rancangan
4.11 Membuat sketsa rancangan obyek 3D
3.12 Menerapkan Model Sederhana berbasis 3D Hardsurface.
4.12 Membuat Model Sederhana berbasis 3D Hardsurface
3.13 Menganalisis pengolahan permodelan obyek sederhana berbasis 3D Hardsurface
4.13 Mengolah permodelan obyek sederhana berbasis 3D Hardsurface
3.14 Memahami Material pada obyek Sederhana 3D
4.14 Mengaplikasikan Material pada obyek Sederhana 3D
3.15 Menganalisa posisi kamera yang tepat dalam aplikasi 3 dimensi
4.15 Meletakkan posisi kamera yang tepat dalam aplikasi 3 dimensi
3.16 Menanalisa teknik gerakan non karakter dalam aplikasi 3D
4.16 Membuat gerak digital non character dalam aplikasi 3D
3.17 Memahami teknik Rendering pada obyek 3D
4.17 Menerapkan teknik Rendering pada obyek 3D
3.18 Mengkreasikan produk animasi 3D menggunakan obyek2 sederhana
4.18 Membuat produk animasi 3D menggunakan obyek2 sederhana (Motion Graphic)
3.19 Mengevaluasi produk animasi 3D
4.19 Membuat laporan proses pengerjaan produk animasi 3D
Download juga rpp Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Untuk mendapatkan Silabus Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Kompetensi Keahlian Multimedia silahkan download filenya di bawah ini. Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkapnya silahkan klik DISINI.

Belum ada Komentar untuk "Silabus Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel