RPP Food And Baverage Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

https://semuamaterisekolah.blogspot.com/
RPP Food And Baverage Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

RPP Abad 21 - RPP Food And Baverage Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Perhotelan dan Jasa Pariwisata Kompetensi Keahlian Perhotelan Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Food And Baverage
Bidang Keahlian : Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Perhotelan
Kelas / Semester : XII / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Alokasi Waktu : 30 JP ( 5x Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Perhotelan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Perhotelan.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Download Juga RPP Produk Cake dan Kue Indonesia Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.6 Menerapkan penggunaan peralatan dan perlengkapan restoran
3.6.1 Menjelaskan peralatan dan perlengkapan restoran
3.6.2 Mengidentifikasi pengelompokkan peralatan restoran berdasarkan bahan dasar pembuatnya.
3.6.3 Mengidentifikasi pengelompokkan peralatan restoran berdasarkan fungsi alat.
3.6.4 Menerapkan penggunaan peralatan dan perlengkapan restoran

4.6 Menggunakan peralatan dan perlengkapan restaurant
4.6.1. Menentukan peralatan dan perlengkapan restaurant sesuai prosedur pengunaan
4.6.2. Menyiapkan peralatan dan perlengkapan restaurant sesuai prosedur pengunaan
4.6.3. Melaksanakan praktek peralatan dan perlengkapan restaurant sesuai prosedur pengunaan

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Memahami peralatan dan perlengkapan restoran, Menjelaskan fungsi setiap peralatan, Mengidentifikasi pengelompokkan peralatan restoran berdasarkan bahan dasar pembuatnya, Mengidentifikasi pengelompokkan peralatan restoran berdasarkan fungsi alat serta mampu Melakukan praktek dengan presentasi setiap peralatan dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Download Juga Silabus Pengetahuan Bahan Makanan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
D. Materi Pembelajaran
1. Peralatan dan Perlengkapan Restoran
Peralatan restoran atau lebih tepat disebut juga alat hidang yaitu alat yang digunakan untuk kegiatan pelayanan makanan dan minuman baik secara table manner maupun prasmanan, dan menghidang makanan. Umumnya untuk menyajikan makanan untuk lebih dari satu orang, contohnya untuk acara makan keluarga pada satu meja makan atau pada untuk penyajian prasmanan. Peralatan yang dipergunakan dalam pelayanan makanan dan minuman berupa alat makan, alat hidang, dan linen.
2. Perabot Restoran (Meubeler).
Perabot restoran merupakan peralatan restoran berukuran besar (Large Equipment) seperti furniture. Diantaranya yaitu meja, kursi, meja kasir, meja samping. Bahan serta warna perabot bermacammacam ada yang terbuat dari kayu, stainless steel, fiberglass dan plastic.
Penempatan perabot restoran diatur sesuai dengan denah ruang makan yang sudah ditetapkan, tata letak meja diatur, dan disusun agar tidak terlalu rapat sehingga kelancaran arus tamu dan pelayanan dapat terjamin, dan tidak terlalu renggang sehingga membawa kesan ruang kosong.
Kondisi perabot harus utuh, bersih dan berfungsi. Untuk penempatan meja samping (Side Table) berada pada tempat yang strategis untuk kemudahan pelayanan dan tidak mengganggu tamu. Setiap macam perabot restoran memiliki klasifikasi agar memudahkan dalam menentukan perabot yang digunakan sesuai dengan peruntukannnya.
3. Pengelompokkan Peralatan Restoran :
a. Bahan
• Keramik (china ware)
Peralatan yang berbahan dasar keramik ini disebut juga China ware, karena umumnya peralatan di China terbuat dari keramik Bahan keramik ini umumnya berwarna putih susu.
• Kaca (glass ware)
Bahan yang terbuat dari kaca ini bening, sehingga makanan atau minuman yang berada didalamnya dapat terlihat dengan jelas.
• Logam (steel)
Kelompok peralatan yang terbuat dari logam atau disebut juga dengan Silver ware. Bahan logam yang digunakan adalah emas, perak, kuningan dan stenless steel.
• Kain
Bahan dari kain ini sangat mudah dijumpai dan banyak ragam barangnya. Alat yang terbuat dari kain biasa disebut Lenan. Lenan yang umum digunakan untuk pelayanan makan dan minum adalah Molton, taplak meja (table cloth), Taplak meja hias (slip cloth), serbet makan (napkin) dan Serbet pelayan (service cloth).
• Bahan lainnya (hollow ware)
Bahan dasar lainnya yang dimaksud seperti rotan, tembikar,bambu, dan bagian buah / sayur.
b. Fungsi
• Peralatan Hidang
• Peralatan Makan dan Minum
• Asesoris Meja
• Lenan
Download Juga Silabus Geografi Kelas X, XI dan XII SMA Kurikulum 2013 revisi 2017
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

F. Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
7. Gambar atau Video tentang Peralatan dan Perlengkapan Restoran

G. Sumber Belajar
1. Bahan ajar Food And Baverage kelas XII kurikulum 2013
2. Lingkungan sekitar
3. internet
4. Bahan Ajar lian yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
Download Juga Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas 11 SMK Revisi 2017
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir


3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas

Ssebagai referensi dari kami mengenai RPP Food And Baverage Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Perhotelan dan Jasa Pariwisata Kompetensi Keahlian Perhotelan Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di di bawah ini.

Untuk mendapatkan lengkap perangkat pembelajaran RPP Food And Baverage Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 terbaru BBidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Perhotelan dan Jasa Pariwisata Kompetensi Keahlian Perhotelan silahkan klik DISINI.

Belum ada Komentar untuk "RPP Food And Baverage Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel