Silabus Estimasi Biaya Konstruksi Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018

https://semuamaterisekolah.blogspot.com/
Silabus Estimasi Biaya Konstruksi Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018


Silabus Estimasi Biaya Konstruksi Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan


Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. 
Download juga RPP Pengelolaan Bisnis Konstruksi Dan Properti Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
KI-3 (Pengetahuan) :
Memahami, menerapkan, menganalisa, mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasioanal, regional, dan internasional

KI-4 (Keterampilan) :
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai bidang dengan bidang kerja Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan.
Menampilkan kenerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pegembangan dari yang dipelajarinya di sekolah serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, manjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinil dalam ranag konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Download juga RPP Produk Cake dan Kue Indonesia Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Kompetensi Dasar :
3.1 Menerapkan perhitungan volume pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
4.1 Menghitung volume pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
3.2 Menerapkan analisa harga satuan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
4.2 Menghitung harga satuan pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan
3.3 Menganalisa estimasi biaya pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
4.3 Menghitung estimasi biaya pekerjaan konstuksi gedung, jalan dan jembatan
3.4 Mengevaluasi estimasi biaya pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
4.4 Memeriksa hasil estimasi biaya pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
3.5 Memahami konsep time schedule dan kurva S
4.5 Menyajikan konsep time schedule dan kurva S
3.6 Menerapkan dasar-dasar perhitungan bobot prosentase pekerjaan RAB
4.6 Menghitung bobot prosentase pekerjaan RAB
3.7 Menerapakan cara pembuatan time schedule
4. 7 Membuat time schedule
3. 8 Menerapkan prosedur pembuatan kurva S
4. 8 Membuat kurva S
3. 9 Mengevaluasi time schedule dan kurva S
4. 9 Menyempurnakan time schedule dan kurva S
3. 10 Menerapkan prosedur penyusunan laporan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
4. 10 Membuat laporan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatam
Download juga Silabus Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Untuk mendapatkan Silabus Estimasi Biaya Konstruksi Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan silahkan unduh filenya di bawah ini. Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran estimasi biaya konstruksi silahkan klik DISINI.

Belum ada Komentar untuk "Silabus Estimasi Biaya Konstruksi Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel