RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
RPP SMA Revisi 2019 - RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Bahasa Dan Sastra Indonesia
Kelas /Semester : X / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Materi Pokok : Menyerap Informasi dari Tabel dan Grafik
Alokasi Waktu : 16 JP (4 Pertemuan)
A. Kompetensi inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menafsirkan informasi dari suatu tabel dan atau grafik dengan membaca intensif
4.1 Mengubah informasi dari bentuk tabel dan atau grafik ke dalam bentuk uraian secara lisan atau tertulis
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Definisi Tabel
3.1.2 Menjelaskan unsur-unsur Tabel
3.1.3 Menjelaskan jenis-jenis tabel
3.1.4 Menjelaskan informasi dari tabel
3.1.5 menjelaskan definis grafik
3.1.6 Menjelaskan beragam bentuk grafik
3.1.7 Menjelaskan informasi dari grafik
4.1.1 Menjelaskan langkah-langkah menarasikan informasi dari tabel dan grafik
4.1.2 mengidentifikasi informasi dari tabel
4.1.3 Menyimpulkan informasi dari tabel
4.1.4 Menyusun informasi dari tabel menjadi narasi
4.1.5 mengidentifikasi informasi dari grafik
4.1.6 Menyimpulkan informasi dari grafik
4.1.7 Menyusun informasi dari grafik menjadi narasi
Download juga RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas XII SMA Kurikulum 2013 Revisi TerbaruC. Tujuan Pembelajaran.
Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran, diantaranya.
• Menjelaskan Definisi Tabel
• Menjelaskan unsur-unsur Tabel
• Menjelaskan jenis-jenis tabel
• Menjelaskan informasi dari tabel
• menjelaskan definis grafik
• Menjelaskan beragam bentuk grafik
• Menjelaskan informasi dari grafik
• Menjelaskan langkah-langkah menarasikan informasi dari tabel dan grafik
• mengidentifikasi informasi dari tabel
• Menyimpulkan informasi dari tabel
• Menyusun informasi dari tabel menjadi narasi
• mengidentifikasi informasi dari grafik
• Menyimpulkan informasi dari grafik
• Menyusun informasi dari grafik menjadi narasi
Dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
D. Materi Pembelajaran
• Menafsirkan informasi dari suatu tabel
• Menafsirkan Informasi dari Suatu Grafik
• Menyusun informasi dari Tabel mejadi Narasi
• Menyusun Informasi dari Grafik menjadi Narasi
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning(Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Penugasan
Download juga Buku Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2018F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. CD interaktif
4. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
5. Whiteboard
6. Spidol
7. Penggaris
G. Sumber Belajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (pemintan) kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (peminatan) kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Internet
4. Buku teks pelajaran yang relevan
H. Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
Download juga Silabus Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2018
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
• pemberian bimbingan secara khusus
• pemberian tugas-tugas secara khusus
• pemanfaatn tutor sebaya
b. Pengayaan
Untuk mendapatkan RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini, Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran Bahasa dan sastra Indonesia (Peminatan) kelas X SMA silahkan Klik DISINI.
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).misalnya sebagai berikut.
• pemberian bimbingan secara khusus
• pemberian tugas-tugas secara khusus
• pemanfaatn tutor sebaya
b. Pengayaan
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Untuk mendapatkan RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini, Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran Bahasa dan sastra Indonesia (Peminatan) kelas X SMA silahkan Klik DISINI.
Belum ada Komentar untuk "RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru "
Posting Komentar