RPP Penataan Produk Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP Penataan Produk Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 |
RPP Abad 21 - RPP Penataan Produk Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Penataan Produk
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran
Kelas / Semester : XII / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Alokasi Waktu : 18 JP ( 3x Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Bisnis Daring dan Pemasaran
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Download juga Silabus Penataan Produk Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.11 Menganalisis ide-ide inovatif dalam penataan produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
4.11 Membuat rancangan ide-ide inovatif dalam penataan produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.11.1 Mengembangkan ide-ide inovatif dalam penataan produk di supermarket
3.11.2 Mengembangkan ide-ide inovatif dalam penataan produk di produk fashion dan sport
3.11.3 Mengembangkan ide-ide inovatif dalam penataan produk di produk fresh
3.11.4 Mengembangkan ide-ide inovatif dalam penataan produk di produk food
3.11.5 Mengembangkan ide-ide inovatif dalam penataan produk di produk drink
3.13.1 Mengembangkan ide-ide inovatif dalam penataan produk di produk kosmetik
4.11.1 Membuat ide inovatif dalam penataan produk supermarket, produk fashion, produk fresh, produk food, produk drink dan produk kosmetik
4.11.2 Membuat rancangan ide-ide inovatif dalam penataan produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan pengertian inovatif, mengidentifikasi Pengembangan Ide Inovatif, mengidentifikasi Tahapan Ide Inovatif serta mampu Membuat dan merancang ide inovatif dalam penataan produk supermarket, produk fashion, produk fresh, produk food, produk drink dan produk kosmetik dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Download juga RPP Penataan Produk Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018D. Materi Pembelajaran
Ide-ide inovatif dalam penataan produk
1. Pengertian Inovasi
Inovasi dapat diartikan sebagai proses dan / atau hasil pengembangan pemanfaatan / mobilisasi pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk menciptakan atau meningkatkan produk baru (barang dan / atau jasa), proses, dan / atau sistem yang memberikan nilai bermakna atau signifikan (terutama ekonomi dan sosial).
Inovasi sebagai “objek” juga berarti produk atau praktik baru yang tersedia untuk aplikasi, umumnya dalam konteks komersial. Biasanya, berbagai tingkat kebaruan dapat dibedakan, tergantung pada konteksnya: suatu inovasi dapat baru bagi perusahaan (atau agen / aktor), baru ke pasar, atau negara atau wilayah, atau baru secara universal. Sementara itu, inovasi sebagai “aktivitas” adalah proses menciptakan inovasi, yang sering diidentifikasikan dengan komersialisasi hak cipta.
2. Pengembangan Ide Kreatif
Kreatifitas dapat diidentifikasi menjadi 3 type:
• Menciptakan, yaitu proses pembuatan sesuatu yang belum ada. Misalnya Wright Brothers membuat pesawat terbang, atau Mike Zuckerberg menciptakan Facebook yang sekarang menjadi media sosial paling populer di dunia.
• Modifikasi, yaitu meniru sesuatu tetapi sebenarnya berbeda. Misalnya modifikasi pada sistem operasi komputer untuk digunakan pada ponsel. Dari ide modifikasi kreatif ini, Android, Windows Phone, iPhone, dan Blackberry muncul.
• Menggabungkan, yaitu menggabungkan dua hal yang sebelumnya tidak berhubungan. Contoh dari kombinasi kreatif yang brilian adalah Liga Champions Eropa, yang merupakan kombinasi dari olahraga sepak bola dan strategi pemasaran. Kombinasi dari dua kegiatan ini menghasilkan format bisnis baru di bidang olahraga.
3. Pengembangan Ide Inovatif
• Pengusaha biasanya memfokuskan ide kreatif dan inovatif mereka pada:
• Membuat produk atau layanan yang menarik bagi konsumen.
• Membuat produk atau layanan yang dapat memenangkan persaingan pasar.
• Membuat dan memanfaatkan sumber daya produksi.
• Mencegah kebosanan konsumen dalam membeli dan menggunakan produk.
4. Tahap Ide Inovatif
• Keunggulan relatif
Keunggulan relatif merupakan sejauh mana inovasi dianggap lebih unggul dari apa pun yang pernah ada. Ini dapat diukur dalam beberapa aspek, seperti aspek ekonomi, prestise sosial, kenyamanan. dan kepuasan. Semakin besar manfaat relatif yang dirasakan oleh pengadopsi. Inovasi yang lebih cepat dapat diadopsi.
• Kompatibilitas
Kompatibilitas adalah sejauh mana inovasi dianggap konsisten dengan nilai-nilai yang berlaku, pengalaman masa lalu, dan kebutuhan pengadopsi. Misalnya, jika inovasi tertentu atau ide baru tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku, inovasi tersebut tidak dapat dengan mudah diadopsi sebagai masalah inovasi yang kompatibel.
• Kerumitan
Kompleksitas merupakan tingkat di mana inovasi dianggap sulit untuk dipahami dan digunakan. Ada inovasi tertentu yang mudah dipahami dan digunakan oleh pengadopsi dan ada pula yang sebaliknya. Lebih mudah dipahami dan dipahami oleh pengadopsi. semakin cepat suatu inovasi dapat diadopsi.
• Kemampuan diujicobakan
Kemampuan untuk diuji ialah sejauh mana suatu inovasi dapat diuji sampai batas tertentu. Sebuah inovasi yang dapat diuji dalam pengaturan nyata umumnya akan lebih cepat diadopsi. Jadi, agar bisa cepat diadopsi. suatu inovasi harus mampu mengekspresikan keunggulannya.
• Kemampuan untuk diamati
Kemampuan untuk diamati ialah sejauh mana hasil suatu inovasi dapat dilihat oleh orang lain. Semakin mudah seseorang melihat hasil suatu inovasi, semakin besar kemungkinan orang atau kelompok orang untuk mengadopsi.
Download juga RPP Administrasi Umum Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Buku / Bahan Ajar Penataan Produk Kelas XII SMK Kurikulum2013
2. Internet
3. Lingkungan sekitar
4. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
Download juga Jadwal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga Analisis Dokumen SKL, KI, Dan KD Otomatisasi Tata Kelola Sarana Prasarana Kelas XI SMK K13 Revisi 2018Untuk mendapatkan RPP Penataan Produk Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini.
Untuk mendapatkan Perangkat Pembelajaran Penataan Produk Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 lengkap silahkan klik DISINI.
Belum ada Komentar untuk " RPP Penataan Produk Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018"
Posting Komentar