RPP Pembibitan Dan Kultur Jaringan Tanaman Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP Pembibitan Dan Kultur Jaringan Tanaman Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 |
RPP Abad 21 - RPP Pembibitan Dan Kultur Jaringan Tanaman Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Tanaman Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Pembibitan Dan Kultur Jaringan Tanaman
Bidang Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Kompetensi Keahlian : Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura
Kelas/ Semester : XI / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Alokasi Waktu : 12 JP (3x Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan keahlian dan lingkup kerja Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan keahlian dan lingkup kerja Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Menganalisis teknik perencanaan pembibitan tanaman
4.1 Menunjukkan teknik perencanaan pembibitan tanaman
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Mengidentifikasi Pemilihan Biji untuk Bahan Perbanyakan
3.1.2 Mengidentifikasi penyemaikan Biji dalam Wadah Persemaian
3.1.3 Mengidentifikasi penyemaikan biji dalam bedeng persemaian
3.1.4 Mengidentifikasi Teknik Pembiakan secara Vegetatif
4.1.1 Menunjukkan teknik perencanaan pembibitan tanaman
4.1.2 Melaksanakan teknik perencanaan pembibitan tanaman
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan inquiry dan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat melaksanakan pembiakan secara vegetatif (menyetek, mencangkok, menyambung, mengokulasi dan menyusui), dengan benar apabila disediakan alat dan bahan dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Teknik Pembiakan Tanaman Secara Vegetatif
1. Pemilihan Biji untuk Bahan Perbanyakan
2. Menyemaikan Biji dalam Wadah Persemaian
3. Menyemaikan biji dalam bedeng persemaian
4. Teknik Pembiakan secara Vegetatif
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan), inquiry
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Buku siswa Mata pelajaran Pembibitan Dan Kultur Jaringan Tanaman Kurikulum 2013
2. Internet
3. Lingkungan sekitar
4. Buku teks pelajaran yang relevan
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Pembibitan Dan Kultur Jaringan Tanaman
Bidang Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Kompetensi Keahlian : Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura
Kelas/ Semester : XI / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Alokasi Waktu : 12 JP (3x Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan keahlian dan lingkup kerja Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan keahlian dan lingkup kerja Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Download juga : Silabus Pengujian Mutu Pangan, Non Pangan, Air dan Limbah Industri Pertanian Kelas XI SMK Kurikulum 2013B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Menganalisis teknik perencanaan pembibitan tanaman
4.1 Menunjukkan teknik perencanaan pembibitan tanaman
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Mengidentifikasi Pemilihan Biji untuk Bahan Perbanyakan
3.1.2 Mengidentifikasi penyemaikan Biji dalam Wadah Persemaian
3.1.3 Mengidentifikasi penyemaikan biji dalam bedeng persemaian
3.1.4 Mengidentifikasi Teknik Pembiakan secara Vegetatif
4.1.1 Menunjukkan teknik perencanaan pembibitan tanaman
4.1.2 Melaksanakan teknik perencanaan pembibitan tanaman
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan inquiry dan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat melaksanakan pembiakan secara vegetatif (menyetek, mencangkok, menyambung, mengokulasi dan menyusui), dengan benar apabila disediakan alat dan bahan dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Download juga : RPP Keamanan Pangan, Penyimpanan dan Penggudangan Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018D. Materi Pembelajaran
Teknik Pembiakan Tanaman Secara Vegetatif
1. Pemilihan Biji untuk Bahan Perbanyakan
2. Menyemaikan Biji dalam Wadah Persemaian
3. Menyemaikan biji dalam bedeng persemaian
4. Teknik Pembiakan secara Vegetatif
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan), inquiry
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Buku siswa Mata pelajaran Pembibitan Dan Kultur Jaringan Tanaman Kurikulum 2013
2. Internet
3. Lingkungan sekitar
4. Buku teks pelajaran yang relevan
Download juga : Jadwal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
Untuk mendapatkan lengkap perangkat pembelajaran RPP Pembibitan Dan Kultur Jaringan Tanaman Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Tanaman Kompetensi Keahlian : Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura silahkan klik DISINI.
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
Download juga : Silabus Administrasi Pajak Kelas XII SMK Kurikulum 2013 revisi 2018Sebagai referensi dari kami mengenai RPP Pembibitan Dan Kultur Jaringan Tanaman Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Tanaman Kompetensi Keahlian : Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di di bawah ini.
Untuk mendapatkan lengkap perangkat pembelajaran RPP Pembibitan Dan Kultur Jaringan Tanaman Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Tanaman Kompetensi Keahlian : Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura silahkan klik DISINI.
Belum ada Komentar untuk " RPP Pembibitan Dan Kultur Jaringan Tanaman Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 "
Posting Komentar