RPP Sejarah Indonesia Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://semuamaterisekolah.blogspot.com/
RPP Sejarah Indonesia Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017


RPP SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 - RPP Sejarah Indonesia Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)


Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas /Semester : X/Ganjil
Materi pokok : Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia
Sub Materi : Sebelum Mengenal Tulisan
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 2 JP (1 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, serta menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3. 1. Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah
3. 2. Memahami konsep perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah
3. 3. Menganalisis kehidupan manusia purba dan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Melanesoid, Proto, dan Deutero Melayu)
3. 4. Memahami hasil-hasil dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan lingkungan terdekat

4.1 Menyajikan hasil penerapan konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam peristiwa sejarah dalam bentuk tulisan atau bentuk lain
4.2 Menerapkan konsep perubahan dan keberlanjutan dalam mengkaji peristiwa sejarah
4.3 Menyajikan informasi mengenai kehidupan manusia purba dan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Melanesoid, Proto, dan Deutero Melayu) dalam bentuk tulisan
4.4 Menyajikan hasil-hasil dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan lingkungan terdekat dalam bentuk tulisan

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan pengertian sinkronis dan diakronis
3.2.1 Menerapkan berpikir diakronis dan sinkronis dalam memahami dan merekonstruksi sejarah yang dipelajari
3.2.2 Menjelaskan pengertian perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah
3.2.3 Memahami perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah
3.3 1. Menjelaskan pengertian praaksara
3.3 2. Menjelaskan proses alam terjadinya Kepulauan Indonesia
3.3 3. Mengidentifikasi jenis flora dan fauna di Kepulauan Indonesia
3.3 4. Menganalisis jenis manusia praaksara
3.3 5. Menganalisis corak kehidupan masyarakat praaksara
3.3 6. Menjelaskan asal daerah nenek moyang bangsa Indonesia
3.3 7. Menganalisis keterkaitan antara rumpun bangsa Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid dengan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia.
3.4.1 Menganalisis hasilhasil kebudayaan batu zaman praaksara
3.4.2 Menganalisi tradisi megalitik dan kaitannya dengan kepercaayaan masyarakat
3.4.3 Mengidentifikasi hasil budaya praaksara yang sekarang masih ditemukan di lingkungannnya
4.1.1 Menyajikan hasil penerapan konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam peristiwa sejarah dalam bentuk tulisan atau bentuk lain
4.2.1 Menerapkan konsep perubahan dan keberlanjutan dalam mengkaji peristiwa sejarah
4.3.1 Menyajikan informasi mengenai kehidupan manusia purba dan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Melanesoid, Proto, dan Deutero Melayu) dalam bentuk tulisan
4.4.1 Menyajikan hasil-hasil dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan lingkungan terdekat dalam bentuk tulisan

C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu menjelaskan pengertian praaksara, membandingkan pengertian praaksara dengan pengertian prasejarah,sehingga menemukan alasan buku ini menggunakan istilah praaksara,dan menunjukkan contoh konsep berpikir diakronis dan sinkronis dalam menulis sejarah Dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D. Materi Pembelajaran
Sebelum Mengenal Tulisan
Manusia purba tidak mengenal tulisan dalam kebudayaannya.Periode kehidupan ini dikenal dengan zaman praaksara. Masa praaksara berlangsung sangat lama jauh melebihi periode kehidupan manusia yang sudah mengenal tulisan. Oleh karena itu,untuk dapat memahami perkembangan kehidupan manusia pada zaman praaksara kita perlu mengenali tahapan-tahapannya.

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi kelompok, Tanya Jawab,Penugasan

F. Media Pembelajaran
1. Slide presentasi (ppt)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.. Buku Guru Mata Pelajaran Sejarah kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku siswa Mata Pelajaran Sejarah kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Buku teks pelajaran yang relevan
4. Internet dan media lainya

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).

b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas

Untuk mendapatkan RPP Sejarah Indonesia Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini. Atau bisa juga dengan mengunjungi halaman disini.

Belum ada Komentar untuk "RPP Sejarah Indonesia Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel