RPP Seni Budaya Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://semuamaterisekolah.blogspot.com/
RPP Seni Budaya Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 - RPP Seni Budaya Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)


Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Musik)
Kelas/Semester : XI / Genap
Materi Pokok : Pertunjukan musik Barat
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 6 Minggu x 2 Jam Pelajaran @45 Menit


A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, Kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu enggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar

3.3 Menganalisis hasil pertunjukan musik Barat
4.3 Membuat tulisan tentang musik Barat

Indikator
3.3.1 Mengidentifikasi alat musik, dan unsur-unsur musik pada pertunjukan orkestra secara langsung atau melalui media audiovisual
3.3.2 Mendeskripsikan hasil analisis pertunjukan orkestra
3.3.3 Mengidentifikasi alat musik, dan unsur-unsur musik pada pertunjukan instrumen solo secara langsung atau melalui media audiovisual
3.3.4 Mendeskripsikan hasil analisis pertunjukan instrumen solo
3.3.5 Mengidentifikasi alat musik, dan unsur-unsur musik pada pertunjukan brass band secara langsung atau melalui media audiovisual
4.3.1 Membuat tulisan hasil analisis pertunjukan brass band
4.3.2 Mempresentasikan tulisan hasil analisis pertunjukan brass band

C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
  • Mengidentifikasi alat musik, dan unsur-unsur musik pada pertunjukan orkestra secara langsung atau melalui media audiovisual
  • Mendeskripsikan hasil analisis pertunjukan orkestra
  • Mengidentifikasi alat musik, dan unsur-unsur musik pada pertunjukan instrumen solo secara langsung atau melalui media audiovisual
  • Mendeskripsikan hasil analisis pertunjukan instrumen solo
  • Mengidentifikasi alat musik, dan unsur-unsur musik pada pertunjukan brass band secara langsung atau melalui media audiovisual

D. Materi Pembelajaran
• Pertunjukan orkestra
• Pertunjukan instrumen solo, (piano/harpa/ gitar dll)
• Pertunjukan brass band

E. Metode Pembelajaran
• Pendekatan : Scientific Learning
• Model Pembelajaran : Discovery Learning
• Metode : Ceramah, Tanya jawab, diskusi, Penugasan, Praktik

F. Media Pembelajaran
Media :
• Worksheet atau lembar kerja (siswa)
• Lembar penilaian
• LCD Proyektor

Alat/Bahan :
• Penggaris, spidol, papan tulis
• Laptop & infocus

G. Sumber Belajar
Buku Seni Budaya Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2017
• Buku refensi yang relevan,
• Lingkungan setempat

H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas

Untuk bisa memiliki RPP Seni Budaya Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini, Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran Seni Budaya Kelas XI SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan klik Disini.

Belum ada Komentar untuk "RPP Seni Budaya Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel