RPP Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 - RPP Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Membuat Kesepakatan Melalui Negosiasi Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Wajib
Kelas /Semester : X/Genap
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Membuat Kesepakatan Melalui Negosiasi
Alokasi Waktu : 16 JP (4 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI-3 Memahami, menerapkan, menganalisa, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
3.11 Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis.
4.11 Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.10.1 Merumuskan ciri teks negosiasi.
3.10.2 Menjelaskan cara menyampaikan pengajuan penawaran.
3.10.3 Menjelaskan syarat tercapainya persetujuan (kesepakatan)
3.10.4 Menganalisis faktor penentu keberhasilan negosiasi.
3.10.5 Menggunakan alasan yang tepat untuk melakukan pengajuan dan penawaran dalam negosiasi lisan.
3.10.6 Menjelaskan pol-pola penyajian teks negosiasi
3.10.1 Menentukan bagian-bagian (struktur) teks negosiasi
3.10.2 Menyebutkan unsu-unsur surat penawaran dan pemesanan barang
3.10.3 Mengidentifikasi pasangan tuturan dalam teks negosisi
3.10.4 Mengidentifikasi kalimat persusif dalam teks negosiasi.
4.10.1 Membuat pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
4.11.1 Menyusun teks negosiasi lisan dalam bentuk dialog.
4.11.2 Menyusun teks negosiasi lisan dalam bentuk naratif.
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan mampu:
1. Merumuskan ciri teks negosiasi;
2. Menjelaskan cara menyampaikan pengajuan dan penawaran;
3. Menjelaskan syarat tercapainya persetujuan (kesepakatan).
4. Menganalisis faktor penentu keberhasilan negosiasi;
5. Menggunakan alasan yang tepat untuk melakukan pengajuan dan penawaran dalam negosiasi;
6. Menjelaskan pola-pola penyajian teks negosiasi.
7. Menentukan bagian-bagian ( struktur) teks negosiasi;
8. Menyebutkan unsur-unsur surat penawaran dan pemesanan barang;
9. Mengidentifikasi pasangan tuturan dalam teks negosisi;
10. Mengidentifikasi kalimat persuasif dalam teks negosiasi.
11. Menyusun teks negosiasi lisan dalam bentuk dialog;
12. Menyusun teks negosiasi tulis dalam bentuk dialog.
Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
D. Materi Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Wajib
Kelas /Semester : X/Genap
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Membuat Kesepakatan Melalui Negosiasi
Alokasi Waktu : 16 JP (4 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI-3 Memahami, menerapkan, menganalisa, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
3.11 Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis.
4.11 Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.10.1 Merumuskan ciri teks negosiasi.
3.10.2 Menjelaskan cara menyampaikan pengajuan penawaran.
3.10.3 Menjelaskan syarat tercapainya persetujuan (kesepakatan)
3.10.4 Menganalisis faktor penentu keberhasilan negosiasi.
3.10.5 Menggunakan alasan yang tepat untuk melakukan pengajuan dan penawaran dalam negosiasi lisan.
3.10.6 Menjelaskan pol-pola penyajian teks negosiasi
3.10.1 Menentukan bagian-bagian (struktur) teks negosiasi
3.10.2 Menyebutkan unsu-unsur surat penawaran dan pemesanan barang
3.10.3 Mengidentifikasi pasangan tuturan dalam teks negosisi
3.10.4 Mengidentifikasi kalimat persusif dalam teks negosiasi.
4.10.1 Membuat pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
4.11.1 Menyusun teks negosiasi lisan dalam bentuk dialog.
4.11.2 Menyusun teks negosiasi lisan dalam bentuk naratif.
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan mampu:
1. Merumuskan ciri teks negosiasi;
2. Menjelaskan cara menyampaikan pengajuan dan penawaran;
3. Menjelaskan syarat tercapainya persetujuan (kesepakatan).
4. Menganalisis faktor penentu keberhasilan negosiasi;
5. Menggunakan alasan yang tepat untuk melakukan pengajuan dan penawaran dalam negosiasi;
6. Menjelaskan pola-pola penyajian teks negosiasi.
7. Menentukan bagian-bagian ( struktur) teks negosiasi;
8. Menyebutkan unsur-unsur surat penawaran dan pemesanan barang;
9. Mengidentifikasi pasangan tuturan dalam teks negosisi;
10. Mengidentifikasi kalimat persuasif dalam teks negosiasi.
11. Menyusun teks negosiasi lisan dalam bentuk dialog;
12. Menyusun teks negosiasi tulis dalam bentuk dialog.
Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta
• Contoh-contoh Teks negosiasi
• Surat penawaran
• Surat pemesanan barang
• Contoh-contoh Teks negosiasi
• Surat penawaran
• Surat pemesanan barang
2. Konsep
• Struktur teks negosiasi
• Fungsi teks negosiasi
• Isi teks negosiasi
o permasalahan;
o pengajuan;
o penawaran;
o persetujuan/kesepakatan yang tercapai
• Unsur kebahasaan
o Kalimat persuasif
3. Prinsip
• Pola penyajian teks negosiasi
• Syarat-syarat persetujuan/kesepakatan
4. Prosedur
• Menyajikan teks negosiasi
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning
3. Metoda Pembelajaran : ATM (Amati, tiru, Modifikasi) Diskusi/tanya jawab/Ceramah, Penugasan
F. Media Pembelajaran
1. Bahan Tayang (Slide power point)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah
G. SumberBelajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Kamus Besar bahasa Indonesia
4. Internet
5. Buku teks pelajaran yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Sikap (Spiritualdan Sosial)
1) Observasi (jurnal)
2) Penilaian diri
3) Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1) Ter tertulis
c. Keterampilan
1) Kinerja
• Struktur teks negosiasi
• Fungsi teks negosiasi
• Isi teks negosiasi
o permasalahan;
o pengajuan;
o penawaran;
o persetujuan/kesepakatan yang tercapai
• Unsur kebahasaan
o Kalimat persuasif
3. Prinsip
• Pola penyajian teks negosiasi
• Syarat-syarat persetujuan/kesepakatan
4. Prosedur
• Menyajikan teks negosiasi
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning
3. Metoda Pembelajaran : ATM (Amati, tiru, Modifikasi) Diskusi/tanya jawab/Ceramah, Penugasan
F. Media Pembelajaran
1. Bahan Tayang (Slide power point)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah
G. SumberBelajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Kamus Besar bahasa Indonesia
4. Internet
5. Buku teks pelajaran yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Sikap (Spiritualdan Sosial)
1) Observasi (jurnal)
2) Penilaian diri
3) Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1) Ter tertulis
c. Keterampilan
1) Kinerja
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
• Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Menyebutkan unsur-unsur surat penawaran dan pemesanan barang
- Menentukan bagian (struktur) teks negosiasi.
• Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
b. Pengayaan
• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
• Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
- Menggunakan alasan yang tepat untuk melakukan pengajuan dan penawaran dalam negosiasi.
- Menyajikan teks negosiasi
Untuk mendapatkan RPP Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Membuat Kesepakatan Melalui Negosiasi Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS silahkan download filenya di bawah ini. atau bisa juga dengan mengunjungi halaman Disini.
• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
• Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
- Menggunakan alasan yang tepat untuk melakukan pengajuan dan penawaran dalam negosiasi.
- Menyajikan teks negosiasi
Untuk mendapatkan RPP Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Membuat Kesepakatan Melalui Negosiasi Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS silahkan download filenya di bawah ini. atau bisa juga dengan mengunjungi halaman Disini.
Belum ada Komentar untuk "RPP Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 "
Posting Komentar