RPP 1 Halaman Bahasa Sunda Kelas I SD Kurikulum 2013 Revisi 2020

https://semuamaterisekolah.blogspot.com/
RPP 1 Halaman Bahasa Sunda Kelas I SD Kurikulum 2013 Revisi 2020
RPP 1 Halaman Bahasa Sunda Kelas I SD Revisi 2020 sesuai SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid adapun penyederhanaannya meliputi sistematika dan komponen yang terdiri dari tiga komponen inti RPP yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SD N
Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas / Semester : I / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Materi Pokok : Ngurus Diri Sorangan
Pertemuan Ke : 1


1. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat Mengenal vokal dan konsonan pada teks sederhana tentang merawat diri sendiri (melalui menyebutkan anggota badan, memperkenalkan diri, cara merawat diri) serta dapat Melafalkan dan menyalin vokal dan konsonan, (cara menulis di udara di buku, menjiplak dan menyambung huruf) tentang merawat diri sendiri, Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan

  • Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
  • Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
  • Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan
b. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Sintaks
Orientasi Peserta didik pada masalah

  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Ngaregepkeun Carita jeung Ngaregepkeun Pedaran Ngariksa Badan
Mengorganisasi peserta didik
  • Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Ngaregepkeun Carita jeung Ngaregepkeun Pedaran Ngariksa Badan
Membimbing penyelidikan individu/ kelompok
  • Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Ngaregepkeun Carita jeung Ngaregepkeun Pedaran Ngariksa Badan
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
  • Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Ngaregepkeun Carita jeung Ngaregepkeun Pedaran Ngariksa Badan
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
  • Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Ngaregepkeun Carita jeung Ngaregepkeun Pedaran Ngariksa Badan
c. Kegiatan penutup
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.

3. Penilaian
Terlampir

a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap. Dalam rangka membantu para rekan guru dalam membuat dan menyusun RPP 1 Lembar atau 1 Halaman berikut ini saya bagikan RPP 1 Lembar Bahasa Sunda Kelas I SD Kurikulum 2013 Revisi 2020.

Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Bahasa Sunda dan RPP 1 Lembar Bahasa Sunda Kelas I SD silahkan klik DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-5050-4500
Download RPP 1 Lembar Bahasa Sunda Kelas I SD Kurikulum 2013 Revisi 2020

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Halaman Bahasa Sunda Kelas I SD Kurikulum 2013 Revisi 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel