RPP Alat Mesin Pertanian 1 Lembar Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020
RPP Alat Mesin Pertanian 1 Lembar Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020 |
RPP Alat Mesin Pertanian 1 Lembar Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020 Berdasarkan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid adapun penyederhanaannya meliputi sistematika dan komponen yang terdiri dari tiga komponen inti RPP yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMK N
Mata Pelajaran : Alat Mesin Pertanian
Kelas / Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Materi Pokok : Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik mampu : Menjelaskan Pengertian dan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Menjelaskan Dasar Hukum, Mengidentifikasi Ruang Lingkup Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Menyebutkan Tujuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Serta Mampu Melaksanakan K3 dalam Penggunaan alat dan Mesin Produksi dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
Sintaks Aktivitas
Orientasi Peserta didik pada masalah
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran alat mesin pertanian SMK dan RPP Alat Mesin Pertanian 1 Lembar Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020 silahkan klik DISINI.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMK N
Mata Pelajaran : Alat Mesin Pertanian
Kelas / Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Materi Pokok : Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
Download juga: RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 20201. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik mampu : Menjelaskan Pengertian dan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Menjelaskan Dasar Hukum, Mengidentifikasi Ruang Lingkup Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Menyebutkan Tujuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Serta Mampu Melaksanakan K3 dalam Penggunaan alat dan Mesin Produksi dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
- Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
- Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
- Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
- Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan
Download juga: RPP 1 Lembar Bahasa Inggris Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2020b. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Sintaks Aktivitas
Orientasi Peserta didik pada masalah
- Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Pengertian, Norma dan Dasar Hukum Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
- Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Pengertian, Norma dan Dasar Hukum Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
- Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Pengertian, Norma dan Dasar Hukum Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
- Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Pengertian, Norma dan Dasar Hukum Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
- Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Pengertian, Norma dan Dasar Hukum Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
Download juga: RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020c. Kegiatan penutup
- Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
- Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
- Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
- Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
- Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Download juga: RPP 1 Lembar PA Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, XI dan XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020Dalam rangka membantu para rekan guru dalam membuat dan menyusun RPP satu Lembar atau satu Halaman berikut ini saya bagikan RPP Alat Mesin Pertanian 1 Lembar Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran alat mesin pertanian SMK dan RPP Alat Mesin Pertanian 1 Lembar Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020 silahkan klik DISINI.
Belum ada Komentar untuk "RPP Alat Mesin Pertanian 1 Lembar Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020"
Posting Komentar