RPP 1 (Satu) Lembar Mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7,8 dan 9 SMP
RPP 1 (Satu) Lembar Mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7,8 dan 9 SMP |
Sesuai dengan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN berikut ini kami sajikan contoh RPP 1 (Satu) Lembar Mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7,8 dan 9 SMP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VII / Ganjil
Materi Pokok : Telaah Teks Deskripsi
Alokasi Waktu : 720 Menit
Tujuan Pembelajaran
1. Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar
2. Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar
3. Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar
4. Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
5. Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
1. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah pernah di dapatkan terkait dengan materi yang akan di pelajari
2. Memotivasi peserta didik dengan cara menginformasikan kepada peserta didik pentingnya materi yang akan dipelajari dalam kegiatan sehari-hari
3. Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja, gambar / video pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Telaah Model Teks Deskripsi
4. Peserta didik diberikan beberapa pertanyaan untuk ditemukan pemecahannya
5. peserta didik diminta untuk bekerja secara kelompok untuk menemukan pemecahan masalah terhadap permasalahan yang telah diberikan baik melalui sumber internal maupun sumber eksternal (Menanya, Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
6. Peserta dalam mengimplementasikan rencana yang telah kembangkan untuk membuat pemecahan masalah yang telah diberikan Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
7. Peserta didik diminta untuk bekerja dalam kelompok dan menghargai usaha setiap anggota kelompok Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
8. Peserta didik bertukar buku/bahan referensi dalam menyelesaikan kegiatan kelompoknya (Mengomunikasikan)
9. Menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya berdasasrkan hasil kerja kelompok (Mengasosiasi dan Mengomunikasikan)
10. Peserta didik yang telah ditunjuk oleh kelompoknya sebagai juru bicara menyampaikan hasil kerja kelompoknya (Mengomunikasikan)
11. Peserta didik lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan (Mengamati dan Menanya)
12. Peserta didik melakukan analisis atas hasil kerja kelompoknya dengan informasi yang ditayangkan oleh guru (Mengasosiasi)
13. Peserta didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu diklarifikasi ulang (Mengomunikasikan)
1. Tes Tertulis
Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar
2. Tes Praktik
Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
Jakarta, 16 Januari 2020
Guru
………………………………………
NIP
👉 Download RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas VII SMP
👉 Download RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP
👉 Download RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas IX SMP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VII / Ganjil
Materi Pokok : Telaah Teks Deskripsi
Alokasi Waktu : 720 Menit
Tujuan Pembelajaran
1. Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar
2. Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar
3. Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar
4. Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
5. Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
Download juga Bahan Tayang (PPT) Bahasa Indonesia Kelas VIII SMPKegiatan Pembelajaran
1. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah pernah di dapatkan terkait dengan materi yang akan di pelajari
2. Memotivasi peserta didik dengan cara menginformasikan kepada peserta didik pentingnya materi yang akan dipelajari dalam kegiatan sehari-hari
3. Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja, gambar / video pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Telaah Model Teks Deskripsi
4. Peserta didik diberikan beberapa pertanyaan untuk ditemukan pemecahannya
5. peserta didik diminta untuk bekerja secara kelompok untuk menemukan pemecahan masalah terhadap permasalahan yang telah diberikan baik melalui sumber internal maupun sumber eksternal (Menanya, Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
6. Peserta dalam mengimplementasikan rencana yang telah kembangkan untuk membuat pemecahan masalah yang telah diberikan Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
7. Peserta didik diminta untuk bekerja dalam kelompok dan menghargai usaha setiap anggota kelompok Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
8. Peserta didik bertukar buku/bahan referensi dalam menyelesaikan kegiatan kelompoknya (Mengomunikasikan)
9. Menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya berdasasrkan hasil kerja kelompok (Mengasosiasi dan Mengomunikasikan)
10. Peserta didik yang telah ditunjuk oleh kelompoknya sebagai juru bicara menyampaikan hasil kerja kelompoknya (Mengomunikasikan)
11. Peserta didik lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan (Mengamati dan Menanya)
12. Peserta didik melakukan analisis atas hasil kerja kelompoknya dengan informasi yang ditayangkan oleh guru (Mengasosiasi)
13. Peserta didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu diklarifikasi ulang (Mengomunikasikan)
Download juga: Pokok-Pokok Kebijakan Merdeka BelajarPenilaian
1. Tes Tertulis
Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar
2. Tes Praktik
Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
Jakarta, 16 Januari 2020
Guru
………………………………………
NIP
Download juga SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANDemikian contoh RPP 1 (Satu) Lembar Mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7,8 dan 9 SMP semoga bermanfaat
👉 Download RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas VII SMP
👉 Download RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP
👉 Download RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas IX SMP
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 (Satu) Lembar Mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7,8 dan 9 SMP"
Posting Komentar