RPP Covid 19: Bahasa Arab Selembar Kelas VII MTS Daring dan Luring Sesuai KMA 183
Selamat bertemu kembali rekan guru indonesia. pada kesempatan kali ini kami akan berbagi mengenai contoh RPP Bahasa Arab Kelas VII MTS Moda Daring Satu Lembar sesuai KMA nomor 183 tahun 2020.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MODA DARING
Nama Sekolah : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : VII / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2020 / 2021
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan Ke : 1
Materi Pokok : Attaa’ruf (Perkenalan)
KD : 3.1, 3.2
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran jarak jauh (whatshapp group kelas) peserta didik diharapkan mampu menjelaskan mufrodat (kosa kata), nuushus (teks) dan melakukan hiwar (percakapan) tentang
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran dalam aplikasi whatshapp group dan memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin dalam kelas.
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya di aplikasi whatshapp group
- Menyampaikan motivasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari materi Mufrodat (kosa kata), nuushus (teks) dan hiwar (percakapan)
- Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai serta metode belajar yang akan ditempuh
b. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Orientasi Peserta didik pada masalah (Kegiatan Literasi)
Peserta didik menyimak tayangan gambar atau video/audio di aplikasi whatshapp group kelas tentang Mufrodat (kosa kata), nuushus (teks) dan hiwar (percakapan)
Mengorganisasi peserta didik (Critical Thinking (Berpikir Kritik)
Orientasi Peserta didik pada masalah (Kegiatan Literasi)
Peserta didik menyimak tayangan gambar atau video/audio di aplikasi whatshapp group kelas tentang Mufrodat (kosa kata), nuushus (teks) dan hiwar (percakapan)
Mengorganisasi peserta didik (Critical Thinking (Berpikir Kritik)
Peserta didik mengidentifikasi peristiwa dalam gambar atau video/audio tersebut, sebanyak mungkin dimulai dari pertanyaan faktual sampai bersifat hipotetik yang berhubungan dengan Mufrodat (kosa kata), nuushus (teks) dan hiwar (percakapan)
Membimbing penyelidikan individu/ kelompok (Collaboration)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok (whatsapp grup) untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi terkait materi Mufrodat (kosa kata), nuushus (teks) dan hiwar (percakapan)
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (Communication)
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok berupa gambar atau video/audio di aplikasi whatshapp group kelas tentang Mufrodat (kosa kata), nuushus (teks) dan hiwar (percakapan) dan kelompok lain menganggapinya
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (Creativity)
Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan melalui whatshapp group kelas tentang Mufrodat (kosa kata), nuushus (teks) dan hiwar (percakapan)
c. Kegiatan penutup
• Peserta didik menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, sedangkan guru memberikan umpan balik dan tindak lanjut berupa penugasan secara individu.
• Peserta didik mengucapkan salam.
3. Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik penilaian : observasi
Bentuk instrumen : lembar observasi yang memuat aspek percaya diri, disiplin, kreatif serta kerja sama melalui google form yang dikirimkan melalui aplikasi whatshapp group kelas.
b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik penilaian : tertulis
Bentuk instrumen : Pilihan ganda / Esai
c. Penilaian Kompetensi Keterampilan
Teknik penilaian : kinerja
Bentuk Instrumen : Lembar penilaian presentasi, kemampuan bertanya dan menjawab, kemampuan memberikan masukan/saran
3. Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik penilaian : observasi
Bentuk instrumen : lembar observasi yang memuat aspek percaya diri, disiplin, kreatif serta kerja sama melalui google form yang dikirimkan melalui aplikasi whatshapp group kelas.
b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik penilaian : tertulis
Bentuk instrumen : Pilihan ganda / Esai
c. Penilaian Kompetensi Keterampilan
Teknik penilaian : kinerja
Bentuk Instrumen : Lembar penilaian presentasi, kemampuan bertanya dan menjawab, kemampuan memberikan masukan/saran
Untuk mendapatkan RPP Bahasa Arab Kelas VII MTS Moda Daring Satu Lembar yang sesuai dengan KMA Nomor 183 Tahun 2020 silahkan download filenya di bawah ini.
Jika para rekan guru berminat mendapatkan perangkat pembelajaran lengkapnya mata pelajaran bahasa Arab Kelas VII Madrasah Tsanawiyah silahkan pesan DISINI atau bisa langsung menghubungi nomor telp/Wa 0813 5050 4500.
Belum ada Komentar untuk "RPP Covid 19: Bahasa Arab Selembar Kelas VII MTS Daring dan Luring Sesuai KMA 183"
Posting Komentar