RPP Selembar PPKN SMA Kelas X, XI dan XII Revisi 2020

https://semuamaterisekolah.blogspot.com/
RPP Selembar PPKN SMA Kelas X, XI dan XII Revisi 2020
Selamat bertemu kembali sahabat sahabat guru indonesia. Setelah sebelumnya admin membagikan RPP 1 Lembar Pendidikan Agama Islam SMA Kelas X, XI dan XII Revisi 2020, Kali ini admini akan membagikan RPP Selembar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) SMA Kelas X, XI dan XII Revisi 2020 Daring dan Luring yang bisa para rekan guru gunakan sesuai kebutuhan pada masa pandemi COVID 19 saat ini

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMA N
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2020 / 2021
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan Ke : 1
Materi Pokok : Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila


1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik mampu menjelaskan Makna hak asasi manusia dan Makna kewajiban asasi manusia

2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
  • Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
  • Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan
b. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Orientasi Peserta didik pada masalah (Kegiatan Literasi)

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Konsep hak dan kewajiban asasi manusia

Mengorganisasi peserta didik (Critical Thinking (Berpikir Kritik)
Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Konsep hak dan kewajiban asasi manusia

Membimbing penyelidikan individu/ kelompok (Collaboration)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Konsep hak dan kewajiban asasi manusia

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (Communication)
Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Konsep hak dan kewajiban asasi manusia

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (Creativity)
Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Konsep hak dan kewajiban asasi manusia

c. Kegiatan penutup
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.

3. Penilaian
Terlampir

a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis

Untuk mendapatkan contoh RPP Selembar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas X, XI dan XII Revisi 2020 silahkan download filenya di bawah ini.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap dan RPP 1 lembar Full semua KD Moda daring dan Luring silahkan klik DISINI.

Belum ada Komentar untuk "RPP Selembar PPKN SMA Kelas X, XI dan XII Revisi 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel