RPP Matematika Peminatan Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://semuamaterisekolah.blogspot.com/
 RPP Matematika Peminatan Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017


RPP Peminatan SMA Revisi 2017 - RPP Matematika Peminatan Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)


Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Matematika (Peminatan)
Kelas /Semester : XI/Genap
Materi Pokok : Lingkaran
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 22 JP (11 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KI-3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.3 Menganalisis lingkaran secara analitik
4.3 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan lingkaran

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.3.1 Menjelaskan Pengertian lingkaran
3.3.2 Menjelaskan persamaan lingkaran
3.3.3 Menjelaskan Bentuk umum persamaan lingkaran
3.3.4 Menjelaskan Kedudukan Titik terhadap Lingkaran
3.3.5 Menjelaskan Kedudukan Garis terhadap Lingkaran
4.3.1 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan lingkaran

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan Pendekatan Scientific Learning dengan Model Pembelajaran Discovery Learning yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas peserta didik diharapkan mampu Menemukan Konsep Persamaan Lingkaran, menjelaskan Bentuk Umum Persamaan Lingkaran, menjelaskan Kedudukan Titik terhadap Lingkaran, menjelaskan Kedudukan Titik terhadap Lingkaran dan Menyelesaikan masalah yang terkait dengan lingkaran Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D. Materi Pembelajaran
- Pengertian Lingkaran
• Persamaan Lingkaran yang Berpusat di O ( 0,0 ) dan Berjari-jari r
• Persamaan Lingkaran yang Berpusat di P (a, b) dan Berjari-jari r
- Bentuk Umum Persamaan Lingkaran
- Kedudukan garis Terhadap Lingkaran
- Jarak Titik Pada Lingkaran
• Titik di luar lingkaran
• Titik di dalam lingkaran

- Kedudukan Garis Terhadap Lingkaran
- Persamaan Garis Singgung Lingkaran
• Persamaan Garis singgung lingkaran Melalui Titik pada Lingkaran
• Persamaan Garis singgung lingkaran Melalui suatu Titik di luar Lingkaran
• Persamaan Garis singgung lingkaran dengan Gradien tertentu

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah,Diskusi,Tanya jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang (slide power point)
4. Whiteboard
5. Spidol

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Matematika (peminatan) kelas XI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Matematika (peminatan) kelas XI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Internet
4. Buku teks pelajaran yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
 b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas

Untuk mendapatkan RPP Matematika Peminatan Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini atau bisa juga dengan mebgunjungi halaman disini.

Belum ada Komentar untuk " RPP Matematika Peminatan Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel