Silabus Akidah Akhlak Kelas XII MA (Sesuai KMA Nomor 183 Terbaru )


Silabus Akidah Akhlak Kelas XII MA (KMA Nomor Terbaru Nomor 183)
Silabus Madrasah Aliyah (MA) sesuai KMA Nomor 183 Tahun 2019 Terbaru tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah.
 
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
Menghayati dan mengainalkan ajaran agarna yang dianutnya

KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
Menuniukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, dainai), santun, responsif, dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memaharni, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan hurnaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KOMPETENSI INTI 4 KETERAMPILAN)
Mengolah, menalar, dan meneaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar Akidah Akhlak Kelas XII MA (KMA Nomor Terbaru Nomor 183) Semester Ganjil
1.1 Menghayati kebenaran dan kebesaran Allah melalui al-Asma'al-Husna; al-Afuww, al- Rozaaq, al-Malik, al-Hasiib, al-Hadi, al-Khalik dan al- Hakim
2.1 Mengamalkan keluhuran budi saling memaafkan dan peduli sebagai cermin yang terkandung dalam al-Asma'al-Husna; al-Afuww, al- Rozaaq, al-Malik, al-Hasiib, al-Hadi, al-Khalik dan al- Hakim
3.1 Menganalisis makna dan upaya meneladani al-Asma'al-Husna; al-Afuww, al- Rozaaq, al-Malik, al-Hasiib, al-Hadi, al-Khalik dan al- Hakim
4.1 Menyajikan hasil analisis tentang makna dan upaya eneladani al-Asma' alHusna; al-Afuww, alRozaaq, al-Malik, al-Hasiib, al-Hadi, al-Khalik dan al-Hakim

1.2 Menghayati nilai-nilai positif dari tasamuh (toleransi), musawah (persaamaan) derajat, tawasuth (moderat), dan ukhuwwah (persaudaraan)
2.2 Mengamalkan sikap tasamuh (toleransi), musawah (persaamaan) derajat, tawasuth (moderat), dan ukhuwwah (persaudaraan) dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Menganalisis makna, pentingnya, da.n upaya memiliki sikap tasamuh (toleransi), musawah (persaamaan) derajat, tawasuth (moderat), dan ukhuwwah (persaudaraan)
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang makna, pentingnya, dan upaya memiliki sikap tasamuh (toleransi), musawah (persaamaan) derajat, tawasuth (moderat), dan ukhuwwah (persaudaraan) dalam menjaga keutuhan NKRI

1.3 Menghayati dampak buruk sifat tercela yang harus dihindari; nifaq, keras hati, dan ghadab (pemarah)
2.3 Mengamalkan sikap jujur, tanggung jawab, dan santun sebagai cermin dari pemahaman sifat tercela nifaq, keras hati, dan ghadab (pemarah)
3.3 Menganalisis konsep, penyebab, dan cara menghindari sifat tercela nifaq, keras hati, dan ghadab (pemarah)
4.3 Memaparkan hasil analisis tentang konsep, penyebab, dan cara menghindari sifat tercela nifaq, keras hati, dan ghadab (pemarah)

1.4 Menghayati adab Islam dalam bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis
2.4 Mengamalkan sikap jujur dan santun sebagai bentuk pemahaman tentang adab Islam dalam bergaul dengan sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis
3.4 Menganalisis adab Islam dalam bergaul dengan sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis
4.4 Meyajikan hasil analisis tentang adab Islam dalam bergaul dengan sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis

1.5 Menghayati keteladanan sifat-sifat sufistik Imam Hanafi, Imam Malik, Imam Asy-Syafei dan Imam Ahmad bin Hanbal
2.5 Mengamalkan sikap takwa, wara, zuhud, sabar, dan ikhlash yang mencerminkan sifat-sifat kesufian Imam Hanafi, Imam Malik, Imam Asy-Syafei dan Imam Ahmad bin Hanbal
3.5 Mengevaluasi kisah kesufian Imam Hanafi, Imam Malik, Imam Asy- Syafei dan Imam Ahmad bin Hanbal
4.5 Menilai kisah kesufian Imam Hanafi, Imam Malik, Imam Asy-Syafei dan Imam Ahmad bin Hanbal dalam kehidupan sehari-hari untuk teladan kehidupan sehari-hari 
Download juga: Silabus Akidah Akhlak Kelas XI MA (KMA Nomor Terbaru Nomor 183)
Kompetensi Dasar Akidah Akhlak Kelas XII MA (KMA Nomor Terbaru Nomor 183) Semester Genap
1.6 Menghayati pentingnya nilai-nilai positif pada sikap bekerja keras, kolaboratif, fastabiqul khairat, optimis, dinamis, kreatif, dan inovatif
2.6 Mengamalkan sikap jujur dan tenggang rasa sebagai cermin pemahaman dari prilaku sikap bekerja keras, kolaboratif, fastabiqul khairat, optimis, dinamis, kreatif, dan inovatif
3.6 Menganalisis konsep dan pentingnya perilaku semangat sikap bekerja keras, kolaboratif, fastabiqul khairat, optimis, dinamis, kreatif, dan inovatif
4.6 Menyajikan hasil analisis tentang konsep dan pentingnya perilaku semangat sikap bekerja keras, kolaboratif, fastabiqul khairat, optimis, dinamis, kreatif, dan inovatif dalam kehidupan

1.7 Menghayati perbuatan tercela yang harus dihindari; fitnah, berita bohong (hoaks), namimah, tajassus dan ghibah
2.7 Mengamalkan sikap jujur dan tanggung jawab sebagai cermin menghindari perilaku fitnah, berita bohong (hoaks), namimah, tajassus dan ghibah
3.7 Menganalisis konsep dan cara menghindari perilaku fitnah, berita bohong (hoaks), namimah, tajassus dan ghibah
4.7 Mengomunikasikan hasil analisis tentang konsep dan cara menghindari perilaku fitnah, berita bohong (hoaks), namimah, tajassus dan ghibah

1.8 Menghayati akhlak mulia dalam berorganisasi dan bekerja
2.8 Mengamalkan sikap santun dan tanggung jawab sebagai cermin dari pemahaman akhlak mulia dalam berorganisasi dan bekerja
3.8 Menerapkan akhlak mulia dalam berorganisasi dan bekerja
4.8 Menyajikan hasil analisis tentang akhlak mulia dalam adab berorganisasi dan bekerja

1.9 Menghayati keutamaan sifat-sifat Kyai Kholil al-Bangkalani, Kyai Hasyim Asy'ari, dan Kyai Ahmad Dahlan
2.9 Mengamalkan sikap disiplin dan jujur sebagai cermin keteladan dari sifat-sifat Kyai Kholil al-Bangkalani, Kyai Hasyim Asy'ari, dan Kyai Ahmad Dahlan
3.9 Menganalisis keteladanan sifat-sifat positif Kyai Kholil al-Bangkalani, Kyai Hasyim Asy'ari, dan Kyai Ahmad Dahlan
4.9 Mengominikasikan contoh implementasi keteladanan Kyai Kholil al-Bangkalani, Kyai Hasyim Asy'ari, dan Kyai Ahmad Dahlan dalam kehidupan sehari-hari dan dalam membentuk sikap cinta tanah air dan Bela negara

Untuk mendapatkan Silabus Akidah Akhlak Kelas XII MA (KMA Nomor Terbaru Nomor 183) silahkan download filenya pada akhir artikel ini.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap dan RPP satu Lembar Daring dan luring mapel akidah akhlak MA silahkan klik DISINI.

Demikian Silabus Akidah Akhlak Kelas XII MA (KMA Nomor Terbaru Nomor 183), semoga Allah SWT meridhai semua langkah kita, memberikan ma'unah dalam implementasi untuk mengantarkan peserta didik madrasah menjadi manusia yang berkah dan manfaat bagi agama, nusa dan. bangsa.

Belum ada Komentar untuk "Silabus Akidah Akhlak Kelas XII MA (Sesuai KMA Nomor 183 Terbaru )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel