RPP Biologi Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017


RPP SMA Revisi 2017 - RPP Biologi Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
semuamaterisekolah.blogspot.com
RPP Biologi Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017



Sekolah : SMA Negeri 1 .............
Matapelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok : Ekosistem
Alokasi Waktu : 2 x 3 JP
Tahun Pelajaran : 2018/2019

A. Kompetensi Inti (KI)

KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10 Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antara komponen tersebut.
3.10.1 Membedakan komponen biotik dengan abiotik.
3.10.2 Mengelompokkan komponen biotik berdasarkan cara mendapatkan makanan (fotoautotrof-kemoautotrof).
3.10.3 Mengelompokkan komponen biotik sebagai produsen-konsumen-detrivor-pengurai berdasarkan kedudukan fungsional dalam ekosistem/niche.
3.10.4 Menentukan tingkatan trofik komponen biotik sebagai produsen-konsumen I-konsumen II-konsumen III- detrivor dalam suatu ekosistem
3.10.5 Menguraikan berbagai bentuk interaksi antar populasi yang terjadi dalam suatu ekosistem.
3.10.6 Mengaitkan hubungan interaksi antara tingkatan trofik komponen biotik pada ekosistem dalam membentuk rantai makanan dan jaring-jaring makanan.
3.10.7 Menghubungkan dampak perubahan pada salah satu komponen biotik penyusun jaring-jaring makanan terhadap komponen biotik lainnya.
3.10.8 Menguraikan aliran materi pada suatu rantai makanan.
3.10.9 Membandingkan 3 jenis piramida ekologi untuk menunjukkan gambaran perbandingan kepadatan populasi, berat kering, dan kemampuan menyimpan energi antar tingkatan trofik pada suatu ekosistem.
3.10.10 Menguraikan keterkaitan faktor biotik dan abiotik pada proses daur ulang materi (daur biogeokimia) dalam ekosistem.

4.10 Menyajikan karya yang menunjukkan interaksi antar komponen ekosistem (jaring-jaring makanan, siklus Biogeokimia)
4.10.1 Membuat bagan tentang interaksi antar komponen ekosistem dan jejaring makanan yang berlangsung dalam ekosistem.
4.10.2 Membuat bagan keterkaitan faktor biotik dan abiotik pada proses daur ulang materi (daur biogeokimia) dalam ekosistem.

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui Pembelajaran model Discovery Learning peserta didik dapat menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut dan terampil menyajikan karya yang menunjukkan interaksi antar komponen ekosistem (jaring-jaring makanan, siklus Biogeokimia) serta peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sekitar berperilaku teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi, berperilaku berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi.

A. Materi Pembelajaran
1. Komponen biotik dan abiotik penyusun ekosistem
2. Pengelompokkan komponen biotik berdasarkan cara memperoleh makanan
3. Pengelompokkan komponen biotik berdasarkan kedudukan fungsional dalam ekosistem/niche
4. Tingkatan trofik organisme dalam ekosistem
5. Interaksi antar populasi yang terjadi dalam suatu ekosistem
6. Rantai makanan dan jaring-jaring makanan
7. Piramida ekologi
8. Arus energi dan daur materi (Daur biogeokimia) dalam ekosistem

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Learning ( DL )
3. Metode : Diskusi dan Penugasan, Observasi

F. Media dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Gambar berbagai ekosistem
b. Gambar berbagai komponen ekosistem
c. Gambar berbagai rantai makanan dan jaring makanan
d. Gambar piramida ekologi
e. Animasi daur biogeokimia
f. Laptop, LCD, Power Point

2. Sumber Belajar
a. Asep Agus Sulaeman. (2015). Interaksi dan Transfer Energi dalam Ekosistem. P4TKIPA Kemdikbud: Bandung.
b. Moch Ansori dan Djoko Martono. (2009). Biolologi untuk SMA dan MA Kelas X. Depdiknas: Jakarta.
c. Ari Sulistiyorini. (2009). Biolologi 1 untuk SMA dan MA Kelas X. Puskurbuk Depdiknas: Jakarta.
d. Buku Biologi kelas X SMA Kurikulum 2013
e. Sumber-sumber lain yang relevan

G. Langkah – langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

H. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a. Penilaian Pengetahuan
b. Penilaian keterampilan :
Penugasan (membuat bagan jaring-jaring makanan dan daur geokimia berdasarkan hasil observasi ekossitem di sekitar tempat tinggal peserta didik)
c. Penilaian sikap : Observasi tentang nilai nilai karakter yang terbangun dan tertanam dalam diri peserta didik dan dituangkan dalam jurnal.

I. Instrumen penilaian
a Pengetahuan : Soal uraian (lampiran 2)
b Keterampilan : Rubrik penilaian produk (lampiran 3)
c Sikap : Jurnal pengamatan sikap ( lampiran 4)

Untuk mendapatkan RPP Biologi Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini, Atau bisa juga dengan mengunjungi halaman disini.

Belum ada Komentar untuk "RPP Biologi Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel